PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI

Nuraina Nuraina

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penerapan model guided discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi trigonometri, khususnya rumus trigonometri sudut ganda. Model pembelajaran guided discovery adalah guru memberi siswa contoh topik spesifik dan memandu siswa memahami topik tersebut. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI MAN Krueng Geukueh tahun pelajaran 2017/2018, dengan rancangan penelitian control group pre-test and post-test. Adapun sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan model pembelajaran guided discovery lebih baik dari pada pembelajaran konvensional, ditunjukkan dari rata-rata nilai post-test siswa yang menggunakan model pembelajaran guided discovery yaitu 82,32 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 65. Sedangkan siswa yang dengan pembelajaran konvensional, rata-rata nilai post-test yang diperoleh yaitu 66,78 dengan nilai tertinggi 85 dan nilai terendah 45. Dari hasil perhitungan statistik menggunakan uji t, diperoleh  = 4,55 dan  = 1,70, berarti , maka Ho ditolak sehingga Ha diterima pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan model pembelajaran guided discovery lebih baik dari pada siswa menggunakan pembelajaran konvensional.

Kata kunci: model pembelajaran guided discovery, kemampuan pemecahan masalah matematis


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Eggen, Paul & Don Kauchak, 2013. Strategi dan Model Pembelajaran: Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. Terjemahan Satrio Wahono. Jakarta: Indeks.

Markaban. 2006. Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing, (online), (http://anonim/2006/03/08/model penemuan terbimbing/), diakses 4 September 2013.

Sanjaya. Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Slameto, 2001. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bina Aksara.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.