UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU MATA PELAJARAN DALAM MELAKSANAKAN PROSES PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMK NEGERI 1 GANDAPURA KABUPATEN BIREUEN

Ilyas Ilyas

Sari


ABSTRAK

Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru mata pelajaran dalam melaksanakan pembelajaran melalui supervisi akademik. Penelitian tindakan sekolah ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Gandapura Kabupaten Bireuen pada bulan Juli sampai dengan September 2018. Adapun metode penelitian tindakan sekolah ini bersifat diskriptif dan dilaksanakan melalui 2 siklus secara berulang dan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi hasil. Sedangkan teknik pengumpulan data penelitian yaitu observasi kelas dan wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi kelas, wawancara. Kriteria keberhasilan tindakan dianggap berhasil jika hasil penilaian melalui observasi akhir siklus setiap tindakan minimal memperoleh 85% guru mendapat nilai baik di atas 71. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) supervisi akademik yang dirancang secara rutin dan berkelanjutan meningkatkan kemampuan guru mata pelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran dengan berpedoman pada RPP yang telah dirancang sebelumnya dengan berorientasi pada pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan; 2) supervisi akademik menjadi motivasi bagi guru mata pelajaran dalam memperbaiki dan meningkatkan kemampuan pelaksanaan pembelajaran di kelas. Aspek peningkatannya yaitu sebelum diberi tindakan, terdapat 2 orang guru (28,57%) yang memperoleh nilai baik, setelah diberikan tindakan pada siklus I, terdapat 4 orang guru (57,14%) memperoleh nilai baik dan setelah diberi tindakan pada siklus II, meningkat menjadi 6 orang guru (85,71%) memperoleh nilai 71 pada kategori baik ke atas. Maka, terjadi kenaikan dari hasil siklus I ke siklus II mencapai 28,57%.

Kata kunci: peningkatan, kemampuan guru, proses pembelajaran, supervisi akademik


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Ali, Muhammad. 1988. Metode Penelitian Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Algifari. 1997. Analisis Regresi, Kasus dan Solusi. Yogyakarta: BPFE.

Anoraga, Pandji. 1998. Psikologi Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasibuan, Malayu, S.P. 1999. Organisasi dan Motivasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa, E. 2004. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pidarta, Made. 1996. Pemikiran tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 12 Tahun 2007 tentang Standar Pengawas Sekolah/Madrasah.

Sahertian, Piet A.; Ida, Aleida Sahertian, 1992. Supervisi Pendidikan dalam Rangka Inservice Education. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi; Suharjdjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Suharsimi, Arikunto. 2000. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

________________. 2006. Dasar-dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Tim Pelatih Proyek PGSM. 1999. Classroom Action Research. Jakarta: Depdiknas.

Wahjosumidjo. 2002. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.