MENCIPTAKAN MODEL SISTEM PEMBANGUNAN KEWIRAUSAHAAN DI DESA-DESA

Syarifah Maihani

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk membuat model sistem pembangunan kewirausahaan desa sebagai sarana untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Model ini mengadopsi konsep pengembangan klaster industri desa menjadi driver pengembangan bagi desa secara keseluruhan. Industri desa akan bertindak sebagai lokomotif, sehingga jika industri desa maju maka akan menarik gerbong (usaha ekonomi lainnya) sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Metodologi yang digunakan adalah soft system methodology yang menghasilkan model konseptual. Model yang dihasilkan adalah Model triple helix pembangunan kewirausahaan desa, berupa tiga komponen sistem desa yaitu sistem pemerintahan desa, sistem industri desa dan sistem pendidikan desa, secara bersama bekerja untuk memajukan dan mengupayakan keberlanjutan industri desa sebagai driver pengembangan desa. Model triple helix desa dilengkapi dengan peran stakeholder desa dalam membangun desa. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1) model sistem pembangunan kewirausahaan desa merupakan model aktivitas untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dengan cara membangun kewirausahaan desa; 2) pembangunan dilakukan dengan menggunakan industri desa sebagai driver penggerak berputarnya kegiatan ekonomi desa, jika industri desa maju maka akan menarik usaha lainnya dan menjadikan kegiatan perekonomian semakin meningkat serta diharapkan dapat membawa kepeningkatan kesejahteraan masyarakat desa. Selain industri desa, pembangunan kesejahteraan masyarakat desa juga harus mengikutsertakan unsur lain dari desa yang berperan penting dalam proses tersebut. Adapun model sistem pembangunan kewirausahaan desa mengadopsi konsep model inovasi triple helix untuk dapat diadaptasi dan diterapkan dalam konteks desa, yang terdiri dari tiga komponen yaitu sistem industri desa, sistem pemerintahan desa dan sistem pendidikan desa yang bekerjasama secara holistik dengan tujuan memajukan dan mengusahakan kesinambungan industri desa. Model triple helix desa dilengkapi dengan hubungannya kepada stakeholder desa yang memberikan kerjasama saling menguntungkan.

Kata kunci:  model, sistem pembangunan, kewirausahaan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Deperindag. 2002. Kebijakan dan Strategi Umum Pengembangan Industri Kecil Menengah Buku I dan II. Jakarta: Departemen Perindustrian dan Perdagangan.

Angopora; Marius, P. 2002. Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Assauri, Sofwan. 2011. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Gede, Diva. 2009. Mengembangkan UKM melalui Pemberdayaan Peran Pemerintah Daerah Jakarta. Jakarta: Bakrie School of Management.

Widjajani. 2008. Perilaku Strategis Industri Kecil untuk Membangun Keunggulan Kompetitif di Sentra Industri Kecil Kota Bandung dengan Pendekatan Berbasis Sumber Daya. Bandung: Disertasi Jurusan Teknik dan Manajemen Industri, Institut Teknologi.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.