PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI 28 PEUSANGAN PADA MATERI KPK DAN FPB DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD

Husnidar Husnidar, Rahmi Hayati

Sari


ABSTRAK

Rendahnya nilai matematika siswa adalah suatu hal yang menjadi permasalahan di SD Negeri 28 Peusangan. Penyebab dari permasalahan tersebut dikarenakan banyaknya siswa yang masih menganggap bahwa matematika merupakan pelajaran yang sukar dan membosankan untuk dipelajari, terutama pada materi KPK dan FPB. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti telah melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SD Negeri 28 Peusangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data penelitian berupa observasi yang berupa lembar pengamatan, dokumentasi dan hasil karya. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 28 Peusangan dengan jumlah siswa 35 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah; lembar observasi, tes, wawancara dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi FPB dan KPK untuk siswa kelas IV SD Negeri 28 Peusangan.

Kata kunci:  pengaruh, model pembelajaran generatif, keterampilan proses sains, hasil belajar


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Robert, E Slavin. 2009. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Soewarso. 1998. Menggunakan Strategi Komparatif Learning dalam Pendidikan Ilmu Sosial: Edukasi. No.01 hal 16-25.

Soekidjo, Notoatmodjo. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.