SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN LOKASI PENANAMAN JERUK BALI DI KABUPATEN BIREUEN MENGGUNAKAN FUZZY LOGIC

Sriwinar Sriwinar

Sari


ABSTRAK

Aplikasi sistem pendukung keputusan menggunakan metode fuzzy logic ini dioperasikan dengan menggunakan sistem operasi Windows 7. Aplikasi yang digunakan untuk merancang interface yaitu dengan Macromedia Dreamweaver 8 dan MySql untuk rancangan database. Metode yang digunakan adalah fuzzy tahani. Edraw Max 6 digunakan untuk membuat model perancangan sistem dan adobe photoshop yang berfungsi untuk mengolah file gambar. Aplikasi ini bertujuan untuk mempermudah petani atau pengusaha Jeruk Bali dalam menentukan lahan yang layak untuk ditanami pohon Jeruk Bali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) aplikasi ini berguna untuk mempermudah petani atau pengusaha Jeruk Bali dalam menentukan lahan yang layak untuk ditanami Jeruk Bali; 2) aplikasi ini mengurangi resiko terjadinya kecerobohan petani atau pengusaha Jeruk Bali dalam menangani menentukan lahan yang cocok untuk ditanami Jeruk Bali; dan 3) metode fuzzy tahani yang diterapkan dapat menentukan lahan yang cocok untuk ditanami Jeruk Bali berdasarkan kriteria yang dibutuhkan.

Kata kunci:  sistem pendukung keputusan, lokasi penanaman, fuzzy logic


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Fitzgerald, dkk. 1981. Fundamentals of System Analysis, Edisi ke 2. New York: John Willey & Sons.

Handojo. 2003. Autisma. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Jogiayanto. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis: Edisi 3. Yogyakarta: Andi.

Kroenke, D.M. 1992. Management Information System. Watsonville: Mitchell Mc Graw-Hill.

Michael, S. 1970. A Problem-based Selection of Multi-Attribute Decision Making Methods. New Jersey: Blackwell Publisihing.

Murdick, G., dkk. 1991. Information System for Modern Management (terj). Jakarta: Gelora Aksara Pratama.

Pressman, R.S. 2010. Software Engineering: a Practitioner’s Approach. New York: Mc Graw-Hill.

Yourdon. 2005. Modern Structure Analysis. Prentice-Hall, Inc.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.