PEMBERIAN BEBERAPA JENIS PUPUK KANDANG TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.)

Mariana Mariana, Irwan Irwan

Sari


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian beberapa jenis pupuk kandang terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah (Allium ascalonicum L.). Penelitian ini dilaksanakan di Desa Geulanggang Gampong Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen pada bulan Juli s.d September 2018. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) non faktorial. Faktor yang diteliti yaitu pengaruh beberapa jenis pupuk kandang (P) terdiri dari 4 taraf yaitu : tanpa pupuk kandang (P0), pupuk kandang sapi (P1), Pupuk kandang kambing (P2), Pupuk kandang ayam (P3) dengan 3 ulangan. sehingga semua terdapat 9 perlakuan. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah umbi, berat umbi basah dan berat umbi kering. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pemberian beberapa jenis pupuk kandang berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan tinggi tanaman, jumlah daun, berat basah umbi dan berat kering umbi bawang merah; dan 2) jenis pupuk yang baik digunakan untuk tanaman bawang merah adalah pupuk kandang ayam (P3).
Kata kunci: pemberian, pupuk kandang, pertumbuhan, tanaman bawang


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Bukman, H. O; N. C. Brady. 2001. Ilmu Tanah. Jakarta: Bharata Karya Aksara.

Cahyono, B. 2005. Budidaya Tanmaan Sayuran. Jakarta: Swadaya.

Hairiah, K.; S. Ismunandar; E. Handayanto. 2000. Pengelolaan Tanah Masam Secara Biologi. Bogor: World Agrovorestry Center (ICRAL).

Hartatik, W. 2010. Laporan Proyek Penelitian Program Pengembangan Agribisnis “Pengaruh Kompos Pupuk Organik yang Diperkaya dengan Bahan Mineral dan Pupuk Hayati terhadap Sifat-sifat Tanah, Serapan Hara dan Produksi Sayuran Organik”. Bogor: Balai Penelitian Tanah.

Lingga, P. 2005. Petunjuk Penggunaan Pupuk. Jakarta: Swadaya.

Mariana. 2014. Teknik Aplikasi Zat Pengatur Tumbuh dan Umur Pindah Bibit TSS (True Shallot Seeds) terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Bawang Merah (Allium ascalonicum L.) Asal Biji. J.Kultivar 8 (2) : 65-122p

Marsono; Paulus, Sigit. 2000. Penurunan Kadar Fe dengan Abu Sekam Padi sebagai Media Penukar Ion. Jakarta: Swadaya.

Mulyani, O. 2007. Laporan Penelitian “Pengaruh Kompos Sampah Kota dan Pupuk Kandang terhadap Sifat Kimia Tanah dan Hasil Tanaman Jagung Manis pada Fluventic Eutrudepts Asal Jatinagor Kabupaten Sumedang”. Bandung: Lembaga Penelitian Universitas Padjajaran.

Rukmana, R. 2002. Bawang Merah, Budidaya dan Pengolahan Pasca Panen. Yogyakarta: Kanisius.

Salisbury. F.; Ros. B. 1999. Fisiologi Tumbuhan Jilid 1. Bandung: ITB.

Sumiati, E.; O. S. Gunawan. 2007. Aplikasi Pupuk Hayati Mikoriza untuk Meningkatkan Efisiensi Serapan Unsur Hara NPK dan Pengaruh terhadap Hasil dan Kualitas Umbi Bawang Merah.

Susanto, R. 2002. Penerapan Pertanian Organik. Yogyakarta: Kanisius.

Sutedjo, M. M.; A. G. Kartasapoetra. 2002. Pengantar Ilmu Tanah. Jakarta: Bina Aksara.

Syarief. 2000. Kesuburan dan Pemupukan Tanah Pertanian. Bandung: Pustaka Buana.

Wijaya, D. 2008. Nutrisi Tanaman. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Widowati, L.R., dkk. 2005. Pengaruh Kompos Pupuk Organik yang Diperkaya Bahan Mineral dan Pupuk Hayati terhadap Sifat Tanah, Serapan Hara dan Produksi Sayuran Organik. Laporan Proyek Penelitian Program Pengembangan Agribisnis, Balai Penelitian Tanah.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.