Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Melalui Macromedia Flash MX dalam Meningkatkan Kualitas dan Keefektifan Pembelajaran Konsep Dasar Sains II

Muhammad Taufiq

Sari


Sebagian besar perkuliahan di perguruan tinggi dilaksanakan dengan kuliah mimbar (konvensional), yang kadang masih banyak kelemahan.  Sehingga perlu model pembe-lajaran lain disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan, untuk keberhasilan pelaksa-naan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran tersebut adalah penggunaan bahan ajar berbasis multimedia melalui Macromedia Flash MX. Dimana proses pembe-lajaran akan berjalan efektif karena latihan dan umpan balik diintegrasikan dalam orientasi teori/materi perkuliahan yang terkait. Seperti dalam mata kuliah Konsep Dasar Sains-II di program S1 PGSD. yang merupakan mata kuliah wajib dan merupakan tolok ukur kompetensi-kompetensi mahasiswa PGSD dalam proses pemahaman tentang sains (IPA). Dalam penelitian ini dirancang mengembangkan bahan ajar berbasis multimedia melalui macromedia flash mx  dalam meningkatkan kualitas dan keefektifan pembelajarannya. Kegiatan penelitian dilaksanakan dalam dua tahapan. Tahap persiapan difokuskan untuk pembuatan media/alat pengajaran  berupa desain instruksional, slide dan buku ajar. Sedangkan tahap pelaksanaan, berupa pelaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang telah disiapkan pada tahap persiapan. Fokus penelitian adalah menguji keefektifan seperangkat perangkat lunak (soft ware) pembelajaran untuk mata kuliah konsep dasar sains II yang di desain dengan menggunakan Macromedia Flash MX.

Kata kunci :  Bahan Ajar, Multimedia, Macromedia Flash Mx, Efektifitas Pembelajaran


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. (1999). Manajemen Penelitian. Jakarta : Proyek PIPT. Ditjen Dikti

Budiardjo L. (1994). Mengajar di Perguruan Tinggi. Jakarta: Gramedia.

Rooijakkers A. D. (1988). Mengajar Dengan Sukses. Jakarta: Gramedia.

Saripuddin U. (1997). Model-Model Pembe-lajaran. Jakarta: PAU – PPAI Univer-sitas Terbuka. Dirjen Dikti Depdiknas

Sukamto T dan Winataputra U. S. (1997). Teori Belajar dan Model-Model Pem-belajaran. Jakarta: PAU – PPAI UT.

Trisusilowati E. B. (2001). Strategi Pening-katan Kualitas Pendidikan Tinggi. Disampaikan pada Pelatihan PEKERTI Angkatan VIII Tahun 2001 Universitas Jember, tgl 2 s/d 7 April 2001.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.