SELF-EFFICACY SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 1 PEUSANGAN

Rahmi Wahyuni

Sari


ABSTRAK                                                        

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui self-efficacy siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif, yang dilaksanakan pada bulan September 2018 di SMP Negeri 1 Peusangan Kabupaten Bireuen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Adapun populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Peusangan, yaitu sebanyak 6 kelas. Sedangkan, sampel penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling dan dipilih satu kelas yaitu kelas VII.6 sebagai kelas sampel penelitian. Proses pembelajaran di kelas tersebut menggunakan model pembelajaran kooperatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa skala self-efficacy. Teknik analisis data dilakukan melalui teknik deskriptif terhadap hasil skala self-efficacy siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki self-efficacy yang tinggi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif, yang ditunjukkan dari hasil skala self-efficacy yang telah dianalisis.

Kata kunci:  self-efficacy


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Arends, Richard. 2008. Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bandura. 1997. Karakteristik Self-efficacy. (online)

(http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/268002/4/Chapter%2011.pdf)

diakses 12 Oktober 2018.

Habibah, Laili. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Sofware Autograph untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Self-efficacy Siswa di SMP Kota Pangsidimpuan. Tesis: UNIMED.

Ibrahim, M; dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Isjoni. 2011. Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Johnson; Johnson. 2010. Colaborative Learning Strategi Pembelajaran untuk Sukses Bersama. Bandung: Nusa Media.

Setiadi, R. 2010. Self-Efficacy in Indonesia Literacy Teaching Contex: a Theoretical and Empirical Perspective. Bandung: Rizqi Press.


Refbacks

  • »