PENGARUH MEDIA INTERNET TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PEUSANGAN

Faizin .

Sari


ABSTRAK                                                        

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media internet terhadap hasil belajar PKN siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Peusangan serta dapat memberi masukan untuk para pembaca sehingga dapat meningkatkan penggunaan media internet sebagai salah satu sarana belajar untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Peusangan, Tahun Ajaran 2018/2019 pada tanggal 10 September s.d 28 September 2018. Adapun populasi penelitian berjumlah 170, namun jumlah sampel yang diambil berjumlah 52 siswa yang  penentuannya diperoleh melalui teknik random sampling, yang dilakukan secara acak dan data dikumpulkan dengan cara mengedarkan angket serta dokumentasi nilai rapor. Selanjutnya, data dianalisis dengan menggunakan statistik uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa thitung < ttabel 0,9940 < 1,66. Hal ini berarti bahwa tidak terdapat pengaruh Penggunaan Media Internet terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Peusangan. Dengan  demikian, dapat disimpulkan bahwa internet tersebut digunakan oleh siswa lebih banyak digunakan tidak untuk belajar.

Kata kunci:   media internet, hasil belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Ardianto, E; dkk. 2004. Komunikasi Massa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi; 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Ginting, Cipta. 2003. Kiat Belajar di Perguruan Tinggi. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Gulo, W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Gramedia.

Hasbullah. 2005. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada.

Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Margono. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Oetomo, S. D; Budi. 2002. e-Education Konsep, Teknologi dan Aplikasi Internet Pendidikan. Yogyakarta: Andi.

Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sadiman; Arif, S; dkk. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Sukmadinata; S. Nana. 2005. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Sukardi, K.; Dewa. 2003. Analisis Tes Psikologi. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryabrata, Sumadi. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Thursina. 2009. Pengaruh Penggunaan Fasilitas Internet terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi. Pendidikan Fisika FKIP Universitas Syiah Kuala. Banda Aceh: FKIP Unsyiah.

Yamin, Martinis. 2009. Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press.


Refbacks

  • »