SISTEM PAKAR DETEKSI AUTISME PADA ANAK USIA 3 - 6 TAHUN MENGGUNAKAN DEMPSTER SHAFER

Zara Yunizar, Dewi Maritalia

Sari


ABSTRAK                                                        

Autisme merupakan salah satu gangguan tumbuh kembang yang dapat mempengaruhi tumbuh kembang, kemampuan komunikasi dan interaksi sosial seorang anak. Penelitian ini bertujuan sebagai solusi yang dapat digunakan untuk mendiagnosa autisme pada anak melalui aplikasi sistem pakar diagnosa autisme pada anak usia 3-6 tahun. Melalui aplikasi ini, dapat diketahui apakah perubahan perilaku seorang anak merupakan gejala autisme atau merupakan tahapan perkembangan normal. Metode yang digunakan dalam sistem pakar ini adalah metode dempster shafer. Adapun jumlah gejala yang digunakan dalam penelitian ini adalah 32 gejala dan 4 jenis autis, yaitu tidak autis, autis ringan, autis sedang dan autis berat. Dari hasil penelitian, diinputkan 6 gejala dan didapatkan kesimpulan bahwa anak tersebut menderita autis sedang dengan nilai probabilitas 0,41. Sistem pakar ini diharapkan dapat membantu orang tua untuk mendiagnosa kemungkinan autis mada anak lebih dini.

Kata kunci:  anak, autisme, dempster shafer, sistem pakar


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Ahmad, Al Kaafi. 2016. Sistem Pakar Diagnosa Autis pada Anak dengan Metode Forward Chaining. Journal Speed - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, Vol. 8 No. 3, 2016.

American Psychiatric Association. 2013. Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders Fifth Edition. American Psychiatric Publishing. Washington DC, London, England.

Aprilia, Dwi; dkk. 2014. Sistem Pakar Diagnosa Autisme Pada Anak. Universitas Bengkulu.

Arhami, Muhammad; Anita, Desiani. 2006. Konsep Kecerdasan Buatan. Yogyakarta: Andi.

Chaq, Arinil; Salamun, Rohman Nudin. 2016. Sistem Pakar untuk Mendiagnosa Gangguan Autis pada Anak Menggunakan Metode Certainty Factor. Jurnal Manajemen Informatika, Vol. 5 No. 1, 2016 (18-26).

Farida. 2012. Bimbingan Keluarga dalam Membantu Anak Autis Kehebatan Motif Keibuan. STAIN Kudus.

Danuatmaja, Doni. 2003. Terapi Anak Autis di Rumah. Jakarta: IISIP.

Hartati, Sri; Sari, Iswanti. 2008. Sistem Pakar dan Pengembangannya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Jogianto, HM. 2005. Analisa dan Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi. Yogyakarta: Andi.

Kusrini. 2008. Aplikasi Sistem Pakar Menentukan Faktor Kepastian Pengguna dengan Metode Kuantifikasi Pertanyaan. Yogyakarta: Andi.

Rahayu, Sri; Muji. 2015. Deteksi dan Intervensi Dini Pada Anak Autis. SLB Parmadi Putra.


Refbacks

  • »
  • »