PENGGUNAAN MODEL RESEARCH BASED LEARNING (RBL) DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS

Fatimah ., Rahma .

Sari


ABSTRAK                                                        

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi Fluida Statis melalui penggunaan model Research Based Learning (RBL). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Adapun populasi penelitian adalah siswa Kelas XI SMK dan sampelnya adalah siswa kelas XI/2 yang berjumlah 20 siswa dan dipilih dengan teknik sampling random atau acak. Instrumen pengumpul data penelitian berupa tes essay yang diberikan melalui pre-test dan post-test untuk melihat kemampuan berpikir kreatif serta angket untuk melihat minat belajar siswa. Setelah data hasil tes terkumpul, selanjutnya data dianalisis menggunakan uji t dengan kriteria pengujiannya adalah “Terima H1 jika thitung ≥ ttabel dan tolak H1 jika t mempunyai harga lain. Dengan derajat kebebasan untuk daftar distribusi t adalah (N-1=19) dan peluang (1-a) atau pada taraf signifikansi 5%. Dari hasil analisis data diperoleh nilai thitung = 20,97 > ttabel = t(1-α) = 1,73 yang diperhatikan berdasarkan derajat kebebasan (db) = N-1 = 20-1 = 19 dan taraf signifikan α = 0,05. Maka, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran RBL dapat meningkatkan minat belajar dan kemampuan berpikir kreatif pada materi Fluida Statis di kelas XI SMK Negeri 1 Nisam.

Kata kunci:  Research Based Learning (RBL), minat belajar, kemampuan berpikir kreatif


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Chamdani., dkk. 2015. Pengembangan Model Research Based Learning dengan Pendekatan Scientific melalui Lesson Study dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Tahun 2015. Prosiding Semnas Pendidikan FKIP Universitas Muhammadiyah Ponorogo [online]. Tersedia: http://semnas.fkip.umpo.ac.id/wpcontent/uploads/2015/12/-087-Muhammad-Chamdani.pdf.

Gani, Abdul. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran dan Persepsi tentang Matematika terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri di Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone. Jurnal Daya Matematis, Volume 3 No. 3 November 2015.

Kasih, A. N., dkk. 2015. Model Search Solve Create and Share (SSCS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SD. Jurnal Antologi UPI Vol. 3 No. 2 Juni 2015 [online]. Tersedia: http://kd-cibiru.upi.edu/jurnal/index.php/antologipgsd/article/view/-326.

Muhibbinsyah. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Noer, Sri Hastuti. 2009. Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis: Apa, Mengapa, dan Bagaimana?. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, [Online]. Tersedia: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12307.

Salimi, M., dkk. 2017. Research Based Learning sbagai Alternatif Model Pembelajaran di Lembaga Kependidikan. JPSD Vol. 3 No. 1, Maret 2017. ISSN 2540-9093.

Serevina., dkk. 2015. The Development of Research Based Learning for Physics Education Students. Proseding Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya. Bale Sawala Kampus Universitas Padjadjaran, Jatinangor [online].

Tersedia: http://portal.phys.unpad.ac.id/senfa2015/proseding/FP-03_Vina_Serevina.pdf

Sotaa, Chulaporn; Karl, Peltzer. 2017. The Effectiveness of Research Based Learning among Master degree Student for Health Promotion and Preventable Disease, Faculty of Public Health, Khon Kaen University, Thailand. Procedia - Social and Behavioral Sciences 237 (2017) 1359 – 1365 [online]. Tersedia: www.sciencedirect.com.

Wati, D. U.; Arifin, Rahman. 2013. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran Pend. Kewarganegaraan di Kelas VIIA SMP Negeri 2 Lamongan. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan No. 1 Vol. 1 2013.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.