PENGARUH SULFAT DALAM AIR TANAH SEBAGAI AIR CAMPURAN TERHADAP KUAT TEKAN BETON DENGAN NILAI FAS 0,65

R. Dedi Iman Kurnia, Syarizal Fonna, Syifaul Husni, Suhaimi .

Sari


ABSTRAK                                                        

Kuat tekan beton dipengaruhi oleh unsur-unsur pembentuk beton, salah satunya adalah air yang berfungsi sebagai pemicu proses kimiawi semen sebagai bahan perekat dan melumasi agregat supaya mudah dikerjakan. Proses kimiawi semen dan kuat tekan beton sangat tergantung dari kandungan yang terdapat dalam air campuran. Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh kandungan sulfat dalam air tanah yang digunakan untuk campuran beton terhadap kuat tekan. Metode penelitian ini adalah eksperimental, yaitu mengambil beberapa sampel air tanah yang terdapat di wilayah pesisir Kabupaten Bireuen untuk diuji kandungan kimianya. Air tanah tersebut kemudian digunakan untuk campuran beton dengan faktor air semen (FAS) 0,65. Uji kuat tekan beton dilakukan pada umur 3, 7, 14 dan 28 hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ion sulfat yang terkandung dalam air campuran beton berpengaruh negatif terhadap kuat tekan beton. Sehingga, semakin besar kadar kandungan sulfat dalam air campuran maka kuat tekan beton semakin kecil. Air campuran beton yang mengandung ion sulfat juga memperlambat proses hidrasi dan perkerasan beton sesuai dengan konsentrasi kadar kandungan sulfatnya.

Kata kunci:  sulfat, air tanah, kuat tekan beton


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

ASTM Designation C 1602-04, Standard Specification for Mixing Water Used in the Production of Hydraulic Cement Concrete.

Annual Book of ASTM Standards. 2004. American Society for Testing and Materials, Philadelphia, Pennsylvania.

Fikkriansyah; Gunawan. T. 2013. Pengaruh Sulfat terhadap Kuat Tekan Beton dengan Variasi Bubuk Kaca Substitusi sebagian Semen dengan w/c 0,60 dan 0,65. Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan Vol. 1, No. 1.

Sudarmoko. 1997. Pengaruh Kandungan Sufat Dalam Air Campuran dan Air Perawatan Keras Terhadap Kuat Tekan Beton. Media Teknik No: 1 Tahun XIX Edisi Februari 1997.

Mulyono, T. 2004. Teknologi Beton. Yogyakarta: Andi.

ACI 211.1-91. Recommended Practice For Selecting Proportions For Concrete.


Refbacks

  • »
  • »