MENANAMKAN KARAKTER BERBICARA SOPAN PADA PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 20 BANDA SAKTI MELALUI PENDEKATAN PERUBAHAN TINGKAH LAKU (Behaviour Modification Approach)

Erniati .

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menanamkan karakter berbicara sopan pada peserta didik melalui pendekatan perubahan tingkah laku. Jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Sekolah yang dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi, dengan subjek penelitian 450 orang peserta didik SD Negeri 20 Banda Sakti Kota Lhokseumawe tahun ajaran 2017/2018. Adapun, data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara dan angket. Sedangkan, teknik analisis data yaitu analisa deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik SD Negeri 20 Banda Sakti telah mengalami perubahan tingkah laku, terutama gaya berbicara menjadi lebih sopan dari 55,6% (siklus 1) menjadi 92,2%(siklus 2). Oleh karena itu, disimpulkan bahwa penerapan karakter gaya berbicara sopan melalui pendekatan perubahan tingkah laku mampu membuat perilaku peserta didik menjadi lebih posistif.

Kata kunci:  etika, metode pembiasaan, penguatan positif


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Adisusilo, Sutarjo. 2012. Pembelajaran Nilai-nilai Karakter. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perkasa.

Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Baroroh, Kiromim. 2011. Upaya Meningkatkan Nilai-nilai Karakter Peserta Didik melalui Penerapan Metode Role Playing. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, Vol. 8(2), 149-163.

Dahlia, dkk. 2013. Optimalisasi Pendidikan Karakter dengan Metode Pembiasaan. Jurnal Studi Sosial, Vol 1(5), 1-15.

Dalyono. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah; Azwan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Ningtyas, Amanah. 2014. Karakter Anak Usia Dini yang Tinggal di Daerah Pesisir Pantai. Jurnal Pendidikan Usia Dini, Vol 8(2), 213-224.

Nurgiyantoro. 1987. Penelitian dalam Pengajaran dan Sastra. Yogyakarta: BPFE UGM.

Tilaar, 2002. Membenahi Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.