PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI BAGIAN TUMBUHAN KELAS IV SD NEGERI 2 MUARA BATU

Faizah M. Nur, Syifa Saputra

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pembelajaran yang tepat, memberikan suatu alternatif dan inovasi dalam pembelajaran IPA SD serta memberikan inspirasi bagi guru yang berinteraksi langsung dengan siswa. Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Hasil pengamatan dan analisis data yang diperoleh peneliti dari 2 orang pengamat selama siklus pertama, terlihat adanya pengaruh dari penerapan pembelajaran dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa, serta respon siswa setelah diterapkan model pembelajaran CTL mengalami peningkatan hasil pembelajaran IPA pada pokok bahasan struktur dan fungsi bagian tumbuhan, sehingga penerapan model pembelajaran ini menunjukkan hasil yang sangat baik.

Kata kunci: Contextual Teaching Learning, hasil belajar dan struktur tumbuhan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Cambell. 2004. Biologi Edisi Kelima Jilid 3. Jakarta: Erlangga.

Depdiknas. 2002. KBK. Kurikulum dan Hasil Belajar, Kompetensi Dasar Mapel Sains SD dan MI. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.

Dimyati, M. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. 2005. Kurikulum dan Makna Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

__________. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Iskandar. 2001. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung: CV. Maulana.

Kasbolah; Sukaryana. 2001. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Malang: Universitas Negari Malang.

Kesuma; dkk. 2010. Contextual Teaching and Learning. Yogyakarta: Rahayasa Research and Training.

Komalasari, K. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung Refika Aditama.

Moleong. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2009. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muslich; Iswati. 2009. Buku Ajar Metodologi Penelitian Kuantitatif. Airlangga: University Press.

Nofijanti, Lilik; Baihaqi; dkk. 2008. Evaluasi Pembelajaran Paket. Surabaya: Lapis PGMI.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sanjaya, W. 2006. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Fajar Interpratama Offiset.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. 2006. Evalusi Program Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suryabrata, S. 2006. Metodelogi Penelitian. Jakarta: Gravindo Persada.

Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Suyitno. 2002. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bogor: Ghalia.

Zaini. 2009. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Center for Teaching Staff Development.


Refbacks

  • »
  • »
  • »