KESENIAN MOP MOP DI KABUPATEN ACEH UTARA: STRUKTUR PERTUNJUKAN KESENIAN MOP MOP

Rasyidin .

Sari


ABSTRAK

Mop mop merupakan kesenian tradisional yang ditemukan di Kabupaten Aceh Utara dalam bentuk pertunjukan cerita tuturan. Mop mop memiliki banyak kiasan sindiran sebagai media penyampaian pesan sosial. Saat ini, kesenian mop mop sangat jarang ditemukan. Penelitian ini dilakukan di Sanggar Meurak Jeumpa Kecamatan Muara Batu Krueng Mane Aceh Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode wawancara dan dokumentasi video sebagai sumber data. Struktur pertunjukan mop mop terdiri atas tema, plot dan karakter pertunjukan mop mop. Tema pertunjukan biasanya diambil dari keadaan sosial masyarakat cerita mitos Musang Meujanggot dan Geumbak Meuh. Plot yang digunakan adalah plot realis dan berkonsep linier (lurus ke depan). Karakter pertunjukan mop mop adalah ayah dara baroe, dara baroe dan linto baroe. Karakter ayah dara baroe bersifat flat character, sedangkan dara baroe dan lintoe baroe  memiliki karakter yang bersifat round character.

Kata kunci:  mop mop, tuturan, sanggar Meurak Jeumpa


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Akbar, Azhari. 2008. Kesenian Biola Aceh Ikon Budaya Masyarakat Aceh. Padang Panjang: Sekolah Tinggi Seni Indonesia Padang Panjang.

Cahyaningrum, Dewojati. 2010. Drama Sejarah, Teori dan Penerapannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Eco, Umberto. 2009. Teori Semiotika, Signifikasi Komunikasi, Teori Kode serta Teori Produksi Tanda. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Juned, Sulaiman. 2015. Seni Tradisi Populer Aceh sebagai Media Komunikasi Sosial dalam buku Pemetaan Media Tradisional Komunikatif, Lestarikan Tradisi Kelola Komunikasi. Jakarta: kementrian Komunikasi dan Informasi RI, Direktorat Jendral Informasi Publik.

Lexy J. Moleong, 2001. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pramayoza, Dede. 2013. Dramaturgi Sandiwara: Potret Teater Populer dalam Masyarakat Poskolonial. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Soemadjo, Jakob. 2004. Perkembangan Teater Modern dan Sastra Indonesia. Bandung: STSI Press.

Strauss, Levi. 2009. Strukturalisme Levi-Strauss, Makna dan Karya Sastra. Yogyakarta: Kepel Press.

Satoto, Soediro. 2012. Analisa Drama dan Teater. Surakarta: Ombak.

Stanislavski, Konstantin, terj. Asrol Sani. 1980. Persiapan Seorang Aktor. Jakarta: Pustaka Jaya.

Takari, Muhammad. 2016. Ronggeng Melayu Sumatera Utara: Sejarah, Fungsi dan Strukturnya. diterbitkan Universitas Gajah Mada dan Universitas Sumatera Utara.

Wibowo; Agus Budi, dkk. 2013. Seni Tradisi Lisan Mop mop Banda Aceh. Tim Balai Pelesetarian Banda Aceh.


Refbacks

  • »