SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN LOKASI PEMBUATAN BATU BATA MENGGUNAKAN METODE SMART

Zara Yunizar

Sari


ABSTRAK

Batu bata merupakan salah satu bahan utama dalam pembuatan konstruksi bangunan. Batu bata dikenal dan digunakan masyarakat karena harganya relatif murah, mudah didapat dan tahan lama. Batu bata terbuat dari tanah liat, air dan bahan campuran lain, yang pembuatannya mengalami proses pembakaran. Proses pembakaran ini menimbulkan pro dan kontra di masyarakat karena menimbulkan polusi udara dan penyakit pernafasan bagi penduduk yang jarak rumahnya relatif dekat dengan lokasi pembuatan batu bata. Salah satu solusi yang dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dibuatnya lokasi pembuatan batu bata yang strategis, dengan mempertimbangkan faktor biaya, efisiensi serta aman terhadap masyarakat sekitar. Metode Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART) adalah metode pengambilan keputusan multi atribut yang dapat digunakan untuk mendukung pembuat keputusan dalam memilih beberapa alternatif. Dalam prosesnya, metode SMART menggunakan linier adaptif model untuk meramal nilai setiap alternatif. Kriteria yang digunakan dalam penelitian adalah luas lokasi, jarak dengan lokasi pengambilan bahan utama (tanah lempung), jarak dari perumahan penduduk, jarak dari jalan utama, mudah dijangkau, dengan jumlah sample 5 lokasi yaitu lokasi A, lokasi B, lokasi C, lokasi D, dan lokasi E. Sistem pendukung keputusan ini diharapkan dapat membantu pembuat keputusan dalam menentukan lokasi strategis pembuatan batu bata yang tidak hanya menguntungkan bagi pemilliknya, namun juga bagi masyarakat sekitar. Sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa lokasi strategis yang direkomendasikan adalah lokasi D dengan nilai akhir 0,7.

Kata kunci: alternatif, batu bata, kriteria, smart, SPK


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

A. S. Honggowibowo. 2015. Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Calon Mahasiswa Baru Jalur Prestasi di Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto Menggunakan Simple Multi Attribute Rating Technique. Vol. VII, No. 2, November, Hal. 31-38: Jurnal Angkasa.

D. Novianti, I. F. Astuti, D. M. Khairina. 2016. Sistem Pendukung Keputusan Berbasis WEB untuk Pemilihan Café Menggunakan Metode SMART (Simple Multi Attribute Rating Technique) (Studi Kasus: Kota Samarinda). Samarinda: Prosiding Seminar Sains dan Teknologi FMIPA Unmul, Periode Maret, Hal. 461-465.

http://madanitec.com/knowledge/batu-bata. Diakses 15 November 2017.

https://www.academia.edu/3620902/Sistem_Pendukung_Keputusan#diakses pada tanggal 25 Januari 2018.

Jurnal Ilmu Komputer - Volume 5 - No 2 – September 2012.

Suryanto, Muhammad Safrizal. 2015. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Teladan dengan Metode SMART (Simple Multi Attribute Rating Technique). Jurnal CoreIT, Vol.1, No.2, Desember 2015. Hal 25 – 29.

Theorema P, Handy. 2011. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mobil Menggunakan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART). Medan: Universitas Sumatera Utara.

Turban, Efraim. 2005. Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas. Yogyakarta: Andi.


Refbacks

  • »
  • »
  • »
  • »