PENINGKATAN PESERTA DIDIK DALAM MEMAHAMI KONSEP PENJUMLAHAN PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA KERTAS LIPAT
Sari
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa memahami Materi Penjumlahan Pecahan dengan menggunakan Alat Peraga Kertas Lipat di Kelas V SD Negeri Paya Rambe. Penelitian ini menggunakan pendekatan Diskriptif Kualifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Paya Rambe yang berjumlah 27 orang. Mengingat jumlah populasi yang sedikit, maka keseluruhan populasi di jadikan sampel penelitian. Teknik Analisa Data yang digunakan adalah membandingkan dan mendiskusikan hasil observasi dan hasi Tes yang dilakukan oleh peneliti. Hasil penelitian membuktikan bahwa tes terhadap materi Penjumlahan Pecahab tanpa menggunakan alat peraga, diperoleh hasil 22 orang siswa atau 81,48% dari 27 orang siswa memiliki nilai tes dengan kategori cukup yaitu nilai 50 sampai 60. Dengan menggunakan alat peraga Kertas Lipat pada materi penjumlahan Pecahan diperoleh hasil Tes Kemampuan siswa kelas V SD Negeri Paya Rambe dari 27 orang siswa adalah sebanyak 21 siswa atau 77,78% mendapat nilai 70 sampai 80 atau dengan kategori baik dan sebanyak 2 siswa atau 7,41% mendapat nilai 90 sampai 100 dengan kategori sangat baik. Secara keseluruhan 85,19% siswa tuntas mengikuti materi pelajaran, jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan Alat Peraga Kertas Lipat pada Materi Penjumlahan Pecahan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Paya Rambe Kabupaten Aceh Tamiang dengan nilai ≥ 65.
Kata kunci : Alat, Kertas, Siswa
Teks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSAKA
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Aqib Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Bandung: Yrama Widya
Faizur Romzah. 2006. Penggunaan ALat peraga pada Pengajaran Matematika Pokok bahasan Pecahan Kelas III SD. Skripsi. Fakultas Imu Pendidikan Universitas Negeri Semarang (tidak dipublikasikan). Semarang.
Nawawi H. 1991. Metedologi Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.
Sardiman, Arief S, dkk. 2006. Media pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan pemanfaatanya.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sudjana, Nana. 2001. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito
Yuniarsih. 2006. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Pecahan Dengan Alat Peraga Kertas Lipat di Kelas III SDN Pedurungan Lor 02 Kecamatan Pedurung semarang Tahun pelajaran 2005/2006. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Semarang (tidak dipublikasikan). Semarang.