UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI PADA MATERI NERACA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING SISWA KELAS XI AKL 1 SMK NEGERI 1 MEULABOH TAHUN AJARAN 2020/2021

Yenni Martha

Sari


Tujuan penelitian ini adalah Upaya Meningkatkan Keterampilan dan Hasil Belajar Akuntansi Pada Materi Neraca Melalui Model Pembelajaran Problem Posing Siswa Kelas XI AKL 1 SMK Negeri 1 Meulaboh Tahun Ajaran 2020/2021. Model yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah Model Pembelajaran Problem Posing. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa Kelas XI AKL 1 SMK Negeri 1 Meulaboh. Jumlah siswa adalah 26 siswa dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 5 orang dan perempuan 21 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam kurun waktu 3 bulan yaitu dari awal bulan Oktober 2020 sampai dengan akhir Desember 2020 semester ganjil. Metodologi penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Prosedur penelitian terdiri dari pra penelitian, perencanaan siklus satu, pelaksanaan tindakan siklus satu, pengamatan siklus satu, refleksi siklus satu, perencanaan siklus dua, pelaksanaan tindakan siklus dua, pengamatan siklus dua dan refleksi siklus dua. Teknik pengumpulan data yaitu mengumpulkan nilai tes yang dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran pada setiap siklus dengan menggunakan instrument soal (tes tertulis). Data observasi dilakukan dengan melihat motivasi belajar siswa proses pembelajaran. Data dianalisis dengan cara statistik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari 42,30% pada pra penelitian meningkat menjadi 65,38% pada siklus I dan meningkat menjadi 84,61% pada siklus II. Motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari kategori cukup menjadi baik dan kategori baik meningkat menjadi sangat baik. Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan Keterampilan dan Hasil Belajar Akuntansi pada Materi Neraca Siswa Kelas XI AKL 1 SMK Negeri 1 Meulaboh Tahun Ajaran 2020/2021.

Kata Kunci: Keterampilan, Hasil, Belajar, Model, Problem Posing, Neraca.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Tujuan penelitian ini adalah Upaya Meningkatkan Keterampilan dan Hasil Belajar Akuntansi Pada Materi Neraca Melalui Model Pembelajaran Problem Posing Siswa Kelas XI AKL 1 SMK Negeri 1 Meulaboh Tahun Ajaran 2020/2021. Model yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah Model Pembelajaran Problem Posing. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa Kelas XI AKL 1 SMK Negeri 1 Meulaboh. Jumlah siswa adalah 26 siswa dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 5 orang dan perempuan 21 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam kurun waktu 3 bulan yaitu dari awal bulan Oktober 2020 sampai dengan akhir Desember 2020 semester ganjil. Metodologi penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Prosedur penelitian terdiri dari pra penelitian, perencanaan siklus satu, pelaksanaan tindakan siklus satu, pengamatan siklus satu, refleksi siklus satu, perencanaan siklus dua, pelaksanaan tindakan siklus dua, pengamatan siklus dua dan refleksi siklus dua. Teknik pengumpulan data yaitu mengumpulkan nilai tes yang dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran pada setiap siklus dengan menggunakan instrument soal (tes tertulis). Data observasi dilakukan dengan melihat motivasi belajar siswa proses pembelajaran. Data dianalisis dengan cara statistik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari 42,30% pada pra penelitian meningkat menjadi 65,38% pada siklus I dan meningkat menjadi 84,61% pada siklus II. Motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari kategori cukup menjadi baik dan kategori baik meningkat menjadi sangat baik. Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan Keterampilan dan Hasil Belajar Akuntansi pada Materi Neraca Siswa Kelas XI AKL 1 SMK Negeri 1 Meulaboh Tahun Ajaran 2020/2021.

Kata Kunci: Keterampilan, Hasil, Belajar, Model, Problem Posing, Neraca.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.