UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN BAHASA INGGRIS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATERI NARATIVE TEXT TERHADAP SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 SAMATIGA TAHUN AJARAN 2020/2021
Sari
Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan hasil belajar, prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Samatiga Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian kelas ini berjudul ”Upaya Peningkatan Pemahaman Bahasa Inggris Melalui Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Pada Materi Narative Text Terhadap Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Samatiga Tahun Ajaran 2020/2021”. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Samatiga Tahun Ajaran 2020/2021 yang berjumlah 17 Siswa yang terdiri dari siswa laki – Laki sebanyak 13 dan siswa perempuan sebanyak 4 orang, yang dilakukan pada tahun ajaran 2020/2021 pada semester genap. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan, dari bulan awal bulan Januari 2021 sampai dengan akhir Maret 2021. Sumber data berasal dari siswa kelas VIII pada semester genap tahun 2021 yang melakukan pembelajaran dengan Model Pembelajaran Picture and Picture. Alat pengumpulan data berupa butir soal test. Pengamatan dilakukan selama kegiatan belajar mengajar berlangsung dengan menandai siswa aktif saat PBM yang sesuai dengan kolom yang tersedia. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif persentase. Prosedur penelitian terdiri dari dua siklus.Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I sebesar 62.93% dengan nilai rata-rata 66.29 sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan mencapai 82.89% dengan nilai rata-rata 85.45 dan siswa yang tuntas dalam memahami materi ini sebanyak 22 siswa dari 25 siswa. Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture dalam pembelajaran Pendidikan Bahasa Inggris sangat besar manfaatnya bagi guru maupun siswa. Oleh karena itu, hendaknya model ini dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan motivasi, Pemahaman Bahasa Inggris siswa. Guru hendaknya mengajar dengan menggunakan metode/model pembelajaran yang bervariasi sehingga membuat siswa lebih bersemangat dan menyenangi materi yang diajarkan.
Kata Kunci: Kemampuan, Narative Text, Picture and Picture. Bahasa Inggris, Narative Text
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Sinar Grafika.
Nana, 2008. Penelitian Pendidikan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Rochiati Wiriaatmadja. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja.
Rosdakarya. Arikunto, 2010, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdikarya
Sugiyono, 2005. Memahami Penelitian Kualitaif. Bandung: Alfa Beta.
Sutrisno, Edi. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Arya, RK & Jain, V. 2000. Osteoarthritis of the Knee Joint. Journal Indian Academy of Clinical Medicine.Vol 14. No 2. Page 154-162.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.