TEKNIK LATIHAN OTOT PROGRESIF SEBAGAI UPAYA KONTROL HIPERTENSI PADA LANSIA DI PANTI JOMPO AN-NUR KOTA LHOKSEUMAWE

Mulyati Sri Rahayu, Yuziani Yuziani

Sari


Peningkatan usia harapan hidup akan menyebabkan jumlah penduduk lansia terus meningkat dari tahun ke tahun. Meningkatnya jumlah lansia juga perlu diimbangi dengan peningkatan kesehatan pada lansia termasuk pada penyakit hipertensi. Panti Jompo An-Nur yang menjadi mitra kegiatan pengabdian masyarakat merupakan salah satu panti jompo yang sebagian besar lansia tidak mempunyai keluarga dan berasal dari keluarga tidak mampu. Tujuan dari pengabdian ini adalah meningkatkan pengetahuan pengurus panti dan lansia tentang manajemen hipertensi yang dapat dilakukan dari pengetahuan lansia mengenai hipertensi serta pengaturan diet hipertensi. Dari segi pengetahuan, lansia belum sepenuhnya memahami terkait hipertensi dan penanganan non farmakologis untuk menurunkan hipertensi. Kegiatan yang akan dilakukan yaitu pemberian pendidikan kesehatan tentang hipertensi dan melakukan teknik relaksasi otot progresif. Dari 10 lansia yang hadir, ditemukan 2 lansia yang memiliki tekanan darah di atas normal(>140-90 mmHg). Namun hasil pengukuran tekanan darah mengalami penurunan setelah melakukan teknik relaksasi otot progresif pada 3 orang dari 10 lansia yang hadir. Luaran yang diharapkan dari pengabdian ini adalah mendapatkan lansia dan pengurus panti yang memiliki pengetahuan tentang penyakit hipertensi dan mampu melaksanakan teknik relaksasi otot progresif secara mandiri sebagai upaya dalam mengontrol tekanan darah.

Kata Kunci: Lansia, Hipertensi, Teknik Relaksasi Otot Progresif


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alexander et al, 2014 Patient Knowledge and Awareness of Hypertension Is Suboptimal: Results From a Large Health Maintenance Organization. The Journal of Clinical Hypertension.5. 254-260

American Heart Asosiasion (AHA). 2014. An Effective Approach to High Blood Pressure Control

Badan Pusat Statistik. 2011. Statistik penduduk lanjut usia 2011. Diunduh 11 April 2019 dari: http://www.bps.go.id/hasil_publikasi/stat_lansia_2011/files/search/searchtext.xml

Badan Pusat Statistik. 2014. Statistik penduduk lanjut usia 2014. Diunduh 30 Maret 2019 dari: http://www.bps.go.id

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2013. Gambaran kesehatan lanjut usia di Indonesia. Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Departemen Sosial Republik Indonesia. 2009. Dukungan Kelembagaan dalam Kerangka Peningkatan Kesejahteraan Lansia. Jakarta: Kantor Urusan Pemberdayaan Lansia Departemen Sosial Republik Indonesia.

Junaidi, I. 2010. Hipertensi. Buana Ilmu Popular. Jakarta

National Institute for Health and Clinical Excellence. 2011. Hypertension: clinical management of primary hypertension in adults. National Institute for Health and Clinical Excellence

Notoatmodjo, S. 2012. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta

Price SA, Wilson LM. 2012. Patofisiologi Konsep Klinis Proses-Proses Penyakit ,edisi ke-6. Jakarta: EGC

Purwanto, B. 2012. Hipertensi (Patogenesis, Kerusakan Target Organ dan Penatalaksanaan). Edisi Pertama. Cetakan Pertama. UPT Penerbitan dan Percetakan UNS (UNS press). Jawa Tengah.

Riset Kesehatan Dasar (RisKesDas). Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar 2013. Jakarta

Soeryoko, H. 2010. 20 Tanaman Obat Terpopuler Penurun Hipertensi. Yogyakarta: Andi Offset.

Setiati, S, Dinda, Rose. 2011. Malnutrisi di Rumah Sakit. Dalam Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam Jilid 1, Edisi V. Jakarta: Interna Publishing.

Wahdah, N. 2011. Menaklukan Hipertensi dan Diabetes: Mendeteksi, Mencegah dan Mengobati dengan Cara Medis dan Herbal. Yogyakarta: Multipress

World Health Organization. 2013. A globalbrief on hypertension: silent killer, global public health crisis. World Health Organization.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.