RELATIONSHIP BETWEEN PATIENT CHARACTERISTICS AND THYPOID FEVER IN SCHOOL AGE CHILDREN IN CUT MEUTIA GENERAL HOSPITAL NORTH ACEH IN 2018

Maridiati Mardiati, Cut Asmaul Husna, Cut Putri Safriza

Sari


Latar belakang. Demam tifoid merupakan salah satu penyakit infeksi yang diakibatkan oleh bakteri Salmonella typhi dan Salmonella paratyphi dan ditularkan secara fekal oral. Indonesia merupakan salah satu negara endemis demam tifoid. Kasus demam tifoid terus meningkat setiap tahunnya. Demam tifoid banyak ditemukan dalam kehidupan masyarakat, baik di perkotaan maupun pedesaan dan sering dihubungkan dengan higiene dan sanitasi lingkungan yang kurang baik. Demam tifoid sering ditemukan pada anak usia sekolah dan dewasa muda. Tujuan.Untuk mengetahui hubungan karakteristik penderita dengan kejadian demam tifoid pada anak usia sekolah di RSU Cut Meutia Aceh Utara tahun 2018. Metode. Penelitian ini merupakan penelitian analitik obsevasional, menggunakan metode cross sectional dengan tekhnik accidental sampling. Hasil. Dari 55 anak yang memenuhi kriteria, didapati kejadian demam tifoid terbanyak diderita oleh kelompok usia 7 sampai 12 tahun dengan mayoritas jenis kelamin perempuan, tingkat pendidikan SD dan daerah tempat tinggal Aceh Utara. Tidak terdapat hubungan karakteristik penderita dengan kejadian demam tifoid pada anak usia sekolah (p< 0.05). Kesimpulan. Tidak terdapat hubungan karakteristik penderita dengan kejadian demam tifoid pada anak usia sekolah di Rumah Sakit Umum Cut Meutia Aceh Utara Tahun 2018.

Kata Kunci: demam tifoid, anak usia sekolah dan karakteristik.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Angarani H. 2012. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Demam Tifoid pada Anak yang Dirawat di RSUD Dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah pada Tahun 2012. Skripsi. Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Dinkes 2013, Prevalensi penyakit demam tifoid 2013 di Aceh Utara.

Hedimo, M 2013, ‘Hubungan perilaku keluarga dengan kejadian demam tifoid pada anak di wilayah kerja puskesmas Mongolato’, Jurnal S1Keperawatan Universitas Negeri Gorontalo.

Inawati 2011, Demam tifoid, Karya Tulis Ilmiah, Departemen PA, Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma, Surabaya.

Karande, S & Zaki, SA 2011, ‘Multidrug-resistant typhoid fever,’JurnalInfect dev Ctries, vol. 5, no. 5, hh. 324-337

Lestari, RP., Arguni E. 2017. Profil Klinis Anak dengan Demam Tifoid di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Sardjito Yogyakarta. Sari Pediatri. 19(3): 139-144

Masriadi & Susniati 2013, Factors related to thypoid fever incident inSalewangan General Hospital, Karya Tulis Ilmiah, Bagian EpidemiologiSekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Tamalatea, Makasar .

Modi, R. 2016. Clinical Profile and Treatment Outcome of Typhoid Fever in Children at a Teaching Hospital, Ahmedabad, Gujarat, India. International Journal of Medical Science and Public Health.5 (2)

National Institute for Communicable Diseases (NICD). 2016.Typhoid: NICD recommendations for diagnosis, management and public health response. pp: 1-20.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta

Putri, TP. 2016. Hubungan Usia, status Gizi, dan Riwayat Demam Tifoid dengan kejadian demam tifoid pada anak di RSUD Tugurejo Semarang. Skripsi. Universitas Muhammadiyah. Semarang.

Rampengan, NH. 2013. Antibiotik Terapi Demam Tifoid tanpa Komplikasi pada Anak. Sari Pediatri. 14(5): 271-276

Rampengan, TH. 2007, Penyakit infeksi tropik pada anak, edisi 2, EGC, Jakarta, hal: 46-49.

Rezeki, S 2011, ‘ Demam tifoid pada anak: Apa yang perlu diketahui ?’.Artikel Kesehatan, Universitas Indonesia, jakarta, hal: 1-4.

Riset Kesehatan Dasar. 2007. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Departemen Kesehatan, Republik Indonesia.

Rustam MZ. 2010. Hubungan Karakteristik Penderitan dengan Kejadian Demam Tifoid pada Pasien Rawat Inap di RSUD Salewangan Maros. Skripsi. Universitas Airlanga, Surabaya.

Sidabutar, S & Satari, HI 2010, ‘Pilihan terapi empiris demam tifoid pada anak: kloramfenikol atau seftriakson ?’, Jurnal Sari Pediatri, vol. 11, no. 6, hh. 434-435.

Tiara, 2016. Hubungan Usia, status gizi, riwayat demam tifoid dengan kejadian demam tifoid pada anak di RSUD Tugurejo Semarang. Skripsi. Universitas Muhammadiyah, Semarang.

Widodo, Djoko., 2014. Demam Tifoid. Dalam: Setiati, S., Alwi, I., Sudoyo, AW., simadibrata K, M., Setiyohadi, B., Syam, AF (Ed.): Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam jilid 1 edisi VI, pp:549-558. InternaPublising.Jakarta Pusat.

Widoyono, 2011, Penyakit tropis, Erlangga, Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.