PENERAPAN TRANSPARANSI DANA DESA PADA KABUPATEN BIREUEN MENGGUNAKAN MEDIA SISTEM INFORMASI

Iqbal iqbal

Sari


ABSTRAK

Undang-Undang Desa melakukan reformasi atas uang masuk desa, di mana selain Alokasi Dana Desa (ADD), desa juga diberikan Dana Desa (DD) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Kedua sumber dana tersebut dengannyata memperkuat sumber pendapatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APB Desa). Dari sisi ekonomi, desa akan mendapatkan alokasi anggaran yang jauh lebih besar sebagai konsekuensi perluasan kewenangan yang sudah dimiliki oleh desa. Untuk mempercepat penyampaian informasi secara transparan atas serangkain proses penyaluran dan pengelolaan dana desa kepada masyarakat maka dibutuhkan perancangan sistem pengelolaan dana desa yang dapat diimplementasikan dalam sebuah aplikasi teknologi informasi secara real time sehingga semua elemen masyarakat dapat mengetahui perkembangan informasi tentang pengelolaan dana desa, seperti penggunaan dan alokasi dana desa untuk kegiatan perbaikan ataupun pembangunan sarana dan prasarana yang akan dan telah dilakukan, cara ini dinilai sangat efektif untuk mengontrol pelaksanaan pengelolaan dana desa oleh karena sistem informasi tranparansi dana desa sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk mendukung program pencapaian yang telah direncanakan pemerintah dalam hal pembangunan desa.

Kata kunci: Sistem Informasi, Dana Desa, tranparansi.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Bin Ladjamudin, 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Penerbit Graha Ilmu, Tangerang.

Hidayat. R., 2010. Cara Praktis Membangun Website Gratis: Memanfaatkan Layanan Domain Dan Hosting Gratis, Media Komputindo, Jakarta.

Jogiyanto, HM, MBA, Akt. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik aplikasi Bisnis, Yogyakarta: ANDI.

Jogiyanto. H. M, 2005. Sistem Informasi Berbasis Komputer edisi 2, BPFE.

Jogiyanto. 2006. Pengenalan Komputer Dasar Ilmu Komputer, Pemrograman, Sistem Informasi dan Intelegensi Buatan. Yogyakarta: Andi.

Kadir Abdul dan Terra CH. Triwahyuni. 2005 Pengenalan Teknologi informasi. Yogyakarta: ANDI.

Kristanto.Andi, 2008. Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya ,rev.ed., Yogyakarta: Gava Media.

Kusnadi, dkk. 2005. Perancangan Sistem dan Analisis Sistem Informasi. Malang: Universitas Brawijaya.

Manama. 2008. Information System Analysis: Theory and Applications, Science Research Associates.

Muhammad, Fakhri, Husein dan Amin, Wibowo. 2007. Sistem Informasi Manajemen, Yogyakarta: UPP. AMP. YKPN.

Rachmad Hakim. 2010. Membangu Web Berbasis PHP dengan Framework CodeIgniter. Lokomedia. Yogyakarta.

Hadikristanto. W. Perancangan Sistem Informasi Penggajian Guru Pada Smk Negeri 1 Cikarang Selatan. Jurnal Teknologi Pelita Bangsa (SIGMA). Volume 7 no 2 september 2017. ISSN :2407 3903.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.