PENYULUHAN PENCEGAHAN TRAUMA JATUH DAN EDUKASI DIET PADA LANSIA DI PANTI JOMPO AN-NUR KOTA LHAOKSEUMAWE

Yuziani Yuziani, Mulyati Sri Rahayu

Sari


ABSTRAK

Lasia merupakan kelompok umur yang sangat perlu diperhatian terutama masalah kesehatannya. Lansia sering mengalami trauma jatuh yang diakibat oleh beberapa faktor. Sangat penting melakukan pencegahan trauma jatuh pada lansia. Selain dari trauma jatuh diet juga masalah terpenting bagi kesehatan lansia. Panti Jompo An-Nur yang menjadi mitra kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yang menghadapi kendala dalam program pelayanan kesehatan terutama masalah trauma jatuh dan diet. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan tujuan penyuluhan pencegahan trauma jatuh edukasi diet lansia di Panti Jompo An-Nur meningkatkan pelayanan kesehatan lansia dan ada pelayanan diet sehat yang sesuai dengan kebutuhan lansia sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan lansia. Metode penyelesaian dilakukan dengan penyuluhan tentang trauma jatuh, sosialisasi tentang pentingnya pentingnya pencegahan trauma pada pimpinan yayasan, membentuknya atau tersedianya suasana panti jompo yang aman untuk lansia sehingga bisa melindungi lansia dari jatuh. Edukasi diet sehatĀ  serta praktek penentuan menu sehat untuk lansia, penyediaan makanan sehat untuk pelaksanaan kegiatan penunjang kesehatan lansia. Target dan luaran dari kegiatan pengandian kepada masyarakat dari aspek program pelayanan kesehatan adalah adanya penyuluhan, sosialisasi dan terbentuknya suasana aman untuk pencegahan trauma jatuh pada lansia, edukasi diet sehat dan praktek penentuan menu sehat.

Kata Kunci: Penyuluhan, Pencegahan Trauma Jatuh, Edukasi, Diet, Lansia, Panti Jompo An-Nur.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Junaidi, I. 2010. Hipertensi. Buana Ilmu Popular. Jakarta.

Notoatmodjo, S. 2012. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta.

Price SA, Wilson LM. 2012. Patofisiologi Konsep Klinis Proses-Proses Penyakit, edisi ke-6. Jakarta: EGC

Purwanto, B. 2012. Hipertensi (Patogenesis, Kerusakan Target Organ dan Penatalaksanaan). Edisi Pertama. Cetakan Pertama. UPT Penerbitan dan Percetakan UNS (UNS press). Jawa Tengah.

Riset Kesehatan Dasar (RisKesDas). 2013. Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar 2013. Jakarta

Setiati, S, Dinda, Rose. 2011. Malnutrisi di Rumah Sakit. Dalam Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam Jilid 1, Edisi V. Jakarta: Interna Publishing.

Soeryoko, H. 2010. 20 Tanaman Obat Terpopuler Penurun Hipertensi. Yogyakarta: Andi Off set.

Wahdah, N. 2011. Menaklukan Hipertensi dan Diabetes: Mendeteksi, Mencegah dan Mengobati dengan Cara Medis dan Herbal. Yogyakarta: Multipress.

Alexander et al, 2014. Patient Knowledge and Awareness of Hypertension Is Suboptimal: Results From a Large Health Maintenance Organization. The Journal of Clinical Hypertension. 5. 254-260.

Mamitoho, R. F., Sapulete, I. M., & Pangemanan, D. H. Pengaruh senam lansia terhadap kadar kolesterol total pada lansia di BPLU Senja Cerah Manado. Jurnal e-Biomedik, 2016. 4(1).

Moniaga, V. Pengaruh Senam Bugar Lansia Terhadap Tekanan Darah Penderita Hipertensi Di BPLU Senja Cerah Paniki Bawah. Jurnal e-Biomedik, 2013. 1(2).

Badan Pusat Statistik. 2011. Statistik penduduk lanjut usia 2011. Diunduh 11 April 2016 dari: http://www.bps.go.id/hasil_publikasi/stat_lansia_2011/files/search/searchtext.xml

Badan Pusat Statistik. 2014. Statistik penduduk lanjut usia 2014. Diunduh 30 Maret 2015 dari: http://www.bps.go.id

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Gambaran kesehatan lanjut usia di Indonesia. Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2013.

Departemen Sosial Republik Indonesia. Dukungan kelembagaan dalam kerangka peningkatan kesejahteraan lansia. Jakarta: Kantor Urusan Pemberdayaan Lansia Departemen Sosial Republik Indonesia. 2009.

National Institute for Health and Clinical Excellence. Hypertension: clinical management of primary hypertension in adults. National Institute for Health and Clinical Excellence. 2011.

World Health Organization (WHO). A global brief on hypertension: silent killer,global public health crisis. World Health Organization. 2013.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.