PERBEDAAN NILAI PRAKTIKUM ANATOMI BLOK SISTEM DIGESTIVUS DAN ENDOKRIN METABOLISME PADA MAHASISWA ANGKATAN 2018 KELAS A DAN B PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALIKUSSALEH

Al Muqsith, Muhammad Syahriza

Sari


ABSTRAK

Praktikum merupakan salah satu kegiatan pembelajaran di laboratorium yang bertujuan untuk membantu mahasiswa mencapai learning objective dalam suatu blok. Praktikum anatomi blok Sistem Digestivus dan Metabolisme Endokrin merupakan kegiatan penunjang pada blok Sistem Digestivus dan Metabolisme Endokrin yang dilaksanakan pada semester genap yang diikuti oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh tahun pertama pada pendidikan tahap akademik. Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh angkatan 2018 dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas A dan B. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan nilai praktikum anatomi blok Sistem Digestivus dan Metabolisme Endokrin pada mahasiswa angkatan 2018 kelas A dan B Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh. Jenis penelitian ini adalah analitik dengan pendekatan cross sectional dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode total sampling sebanyak 97 responden. Data diperoleh dari data primer berupa rerata nilai praktikum anatomi mahasiswa kelas A dan B pada blok Sistem Digestivus dan Metabolisme Endokrin. Analisis perbedaan nilai praktikum anatomi tersebut menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan nilai praktikum Anatomi blok Sistem Digestivus dan Metabolisme Endokrin pada mahasiswa angkatan 2018 kelas A dan B Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh (p=0,251).

Kata kunci: nilai, praktikum anatomi, mahasiswa program studi pendidikan dokter


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Al-Muqsith 2018, Penuntun Praktikum Histologi Blok 1.4 Sistem Digestivus dan Metabolisme Endokrin. Bagian Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe.

Al-Muqsith 2018, Standard Operating Procedure (SOP) Kegiatan Praktikum Anatomi, Bagian Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe.

Bafadal, I, 2004, Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya, PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Dimyati, Mujiono 2006, Belajar dan Pembelajaran, PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Sudjana, N 2010, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT. Ramaja Rosdakarya, Bandung.

Claudya, Y, Ngadimin, Melvina 2017. Perbedaan prestasi belajar mahasiswa berdasarkan jalur seleksi masuk Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Syiah Kuala, Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, 2(3): 321-325.

Lai, ER 2011. Motivation: A Literature review, Always Learning Pearson, 1-44.

Long J, Monoi S, Harper B, Knonlauch D, Murphy P 2007, Academic motivation and achievement among urban adolescents, Urban Education, 42(30): 196-221.

Suwena, KR 2017, Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Bukan Penentu Prestasi Belajar Mahasiswa, Ekuitas - Jurnal Pendidikan Ekonomi, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia, 5(2): 1-10.

Siagian, REF 2014, Pengaruh minat dan cara belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, Jurnal Formatif, 2(2): 122-131.

Rezazadeh, M., Tavakoli M 2009, Investigating the relationship among test anxiety, gender, academic achievement and years of study: A case of Iranian EFL University student, English Langguage Teaching, 2(4): 68-74.

Firdaus, N 2017, ‘Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Semester II Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta’, Skripsi, Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas ‘Aisyiyah, Yogyakarta.

Pratami, RR 2015, Pengaruh Jalur Seleksi Masuk, Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar sebagai Variabel Intervening terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Tahun 2014’, Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Setyowati, 2007, Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 13 Semarang, Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Akhlus, S 2018, ‘Informasi Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Barat’, Diakses pada tanggal 15 Agustus 2018: http://www.smmptnbarat.id.

Karsidi, R 2018, Informasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)’, Diakses pada tanggal 15 Agustus 2018: http://www.snmptn.ac.id.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.