PEMANFAATAN MEDIA SOCIAL (MEDSOS) SEBAGAI ALAT BANTU PEMBELAJARAN DI ERA 4.0
Sari
ABSTRAK
Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam dunia pendidikan diharapkan mampu meningkatkan keberhasilan proses belajar mengajar. Munir (2009: 34), dalam buku ”Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi” mengatakan bahwa penerapan aplikasi Teknologi Informasi di dunia pendidikan merupakan salah satu faktor kunci untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kualitas sumber daya manusia. Penerapan dan pengembangan Teknologi informasi bukan sekedar mengikuti trend global melainkan merupakan suatu langkah strategis dan kebutuhan dalam upaya meningkatkan akses dan mutu pendidikan. Saat ini, kita menghadapi revolusi industri keempat yang dikenal dengan Revolusi Industri 4.0. Ini merupakan era inovasi disruptif, di mana inovasi ini berkembang sangat pesat, sehingga mampu membantu terciptanya pasar baru. Inovasi ini juga mampu mengganggu atau merusak pasar yang sudah ada dan lebih dahsyat lagi mampu menggantikan teknologi yang sudah ada. Pendidikan 4.0 adalah suatu program yang di buat untuk mewujudkan pendidikan yang cerdas dan kreatif. Tujuan dari terciptanya pendidikan 4.0 ini adalah peningkatan dan pemerataan pendidikan, dengan cara memerluas akses dan memanfaatkan teknologi.
Kata Kunci: Media Social (Medsos), Pembelajaran di Era 4.0.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Balasingham, K. 2016. Industry 4.0: Securing the Future for German Manufacturing Companies. Master's Thesis. University of Twente. blog. 2011. Retrieved on October 17, 2011 from http://en.wikipedia.org/wiki/Blog
Bonamici, A., D. Hutto, D. Smith, and J. Ward. 2005. The “Net Generation”: Implications for libraries and higher education. ttp://www.orbiscascade.org/council/c0510 /Frye.ppt (accessed September 26, 2011).
Downes, S. 2004. Educational Blogging, Educause, September/October, 14-26. Available at http://net.educause.edu/ir/library/pdf/ERM0450.pdf
Du, H.S.& Wagner, C. Learning with Weblogs: An Empirical Investigation. Proceedings of the 38th Hawaii International Conference on System Sciences (HICSS 05), Hawaii (USA), pp. 7b, January 3-6 2005
http://www.thejournal.com/magazine/vault/articleprintversion.cfm?aid=4677
Zulkifli, Mengukur Indeks Keamanan informasi dengan Metode Octaveberstandar ISO 27001 pada Universitas Almuslim, jurnal ilmiah berkala bulanan, ISSN 2302-4838 volume 8,no.1. 1 April 2016
Suyono, Titik Harsiati, dan Ika Sari Wulandari. 2017. “Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar.” Jurnal Sekolah Dasar 26 (2). Diakses pada 6 Maret 2019 (http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article/view/3050). Unesco. 2011. “Digital Literacy In Education”, in IITE Policy Brief. Diakses 6 Maret 2019 (http://unesdoc.unesco.org/images/0021/002144/214485e.pdf2). Teknik Penggunaan ponsel untuk meningkatkan penajaman citra dalam menghasilkan kualitas gambar.
Zulkifli, Teknik Penggunaan Ponsel untuk Meningkatkan Penajaman Citra dalam Menghasilkan Kualitas Gambar, Jurnal Lentera.Vol. 2 No. 1 Februari 2018.
Anas, Muhammad. 2014. Mengenal Metodologi Pembelajaran. Pasuruan: Pustaka Hulwa.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.