KOMPETENSI GURU DALAM MENGINTEGRASIKAN AlQUR’AN PADA PERENCANAAN PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI SMAN 15 PADANG
Sari
ABSTRAK
Pendidikan karakter merupakan bentuk pendidikan yang dilakukan guru pada saat sekarang, termasuk guru sosiologi. Referensi pembentukan kharakter siswa bisa dari berbagai sumber dan salah satunya adalah Alqur’an. Melakukan pendidikan kharakter tidak hanya pada saat proses pembelajaran saja, tetapi mulai dari pembuatan perencanaan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kompetensi guru sosiologi dalam mengintegrasikan Alqur’an pada perencanaan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tekhnik mengumpulkan data melalui wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan, ternyata guru sosiologi di SMAN 15 Padang belum dapat mengintegrasikan Alqur’an pada perencanaan pembelajaran dengan baik. Hal ini disebabkan karena mereka belum dibekali dengan pengetahuan Alqur’an sebleumnya, sehingga tidak semua materi dapat mereka integrasikan dengan Alqur’an.
Kata Kunci: Kompetensi Guru, Integrasi Alqur’an, Pembelajaran Sosiologi
Teks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Biologi, P., & Minarno, E. B. 2017. Integrasi Sains-Islam dan Implementasinya. 18–19.
Kurniawan, syamsul. 2017. Pendidikan kharakter: konsepsi & implementasinya secara terpadu di lingkungan keluarga, sekolah, perguruan tinggi, dan masyarakat. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.
Moleong, J Lexy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Muspiroh, N. (2013). Integrasi Nilai-nilai Islam dalam Pembelajaran IPA di Sekolah. Jurnal Pendidikan Islam, 28 (3), 168–188.https://doi.org/https://doi.org/10.15575/jpi.v28i3.560
Sari, Febriani Puspa. 2015. Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru, Disiplin Belajar dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Sosiologi di SMA Negeri 1 Pancung Kabupaten Pesisi Selatan. UNP. Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial. Program pascasrjana.
Suryapermana, N. 2016. Perencanaan dan Sistem Manajemen Pembelajaran. Tsarwah, 1 (2), 29–44.
Wiyanai, Novan Ardy. 2014. Membumikan Pendidikan Karakter di SD. Jakarta. AR-RUZZ Media.
Undang-Undang SISDIKNAS No. 20 Th. 2003. Jakarta. Sinar Grafika.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.