PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI KELAS BERSAHABAT

Muhammad Saleh Aksa

Sari


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan supervisi kelas bersahabat dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Serta bagaimana kreatifitas dan kemampuan guru dalam melaksankan pembelajaran di dalam kelas. Hipotesis yang diajukan adalah: Bagaimana meningkatkan kualitas pembelajaran dan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran dapat ditingkatkan melalui supervisi kelas bersahabat. Penelitian tindakan sekolah ini dilakukan dua siklus dengan menggunakan model yang dikembangkan oleh Kurt Lewin yang terdiri atas empat komponen, yaitu: perencanaan, aksi / tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kemampuan guru dalam melaksanakan Model pembelajaran sebelum dilaksakan supervisi bersahabat cukup yaitu 6o% setelah dilaksanakan tindakan pada siklus II menjadi 90%, dan guru sangat termotivasi menentukan keberhasilan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dalam kelas.

Kata Kunci: Kualitas Pembelajaran, Supervisi Kelas


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Dirjen PMPTK, 2009. Bahan Belajar Mandiri Program Bermutu KKKS Penelitian Tindakan Sekolah, Jakarta: Depdiknas

Glikman, C.D, Gordon, S.P, & Gordon, J.M.R. 2007. Supervision and Instructional Leadrship A Developmental Approach. Seventh Edition. New York: Pearson Education, Inc.

http://apakabarpsbg.wordpress.com/2008/05/21/teknik-baru-supervisi-kelas-yang-lebih-bersahabat/

http://krisna1.blog.uns.ac.id/2009/10/19/pengertian-dan-ciri-ciri-pembelajaran/

Purwadinata, 1967. Pengajaran di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Suharsimi Arikunto.2002. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah, Jakarta Direktorat Tenaga Kependidikan Dasar dan Menengah, Ditjen Dikdasmen, Diknas.

Sujana, Nana, 1990, Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar. Penerbit Remaja Rosdakarya, Bandung.

Suryadi, A, 2007, http://zainurie.wordpress.com (accessed mei 2007)

Suryosubroto, 1996, Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Rineka Cipta, Jakarta.

Usman, H.B., 2001, Meningkatkan Pemahaman guru Tentang Konsep Limit Melalui Pemebelajaran Kooperatif, Jurnal Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Malang.

Uzer, 2006, Menjadi Guru Professional, Penerbit PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Winkel, W.S., 1999, Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.