EPISTIMOLOGI FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM: “STUDI FILOSOFIS ATAS TUJUAN DAN METODE PENDIDIKAN ISLAM

Iskandar Iskandar, Najmuddin Najmuddin, Muhammad Iqbal

Sari


ABSTRAK

Pandangan Islam tentang manusia dan kehidupan terbentuk dengan asas harmoni dan gabungan antara indera, akal, dan hati yang beriman. Harmoni ketiganya itu merupakan pangkal epistimologis paling fundamental dalam filsafat Islam. Permikiran dengan penghayatan dimanfaatkan sebagai instrumen atau alat dalam melakukan riset  berdasar kerangka epistimologis tersebut. Aktifitas berpikir dianggap sebagai sebuah tugas suci dalam Islam, dan berpikir adalah alat untuk melahirkan hidup yang progresif, yang terbentuk dengan cara menyerap nilai-nilai dari realitas. Pendidikan Islam harus menjadi proses mencetak “insan kamil” yang mampu memaksimalkan seluruh potensi dirinya. Lazimnya metode pendidikan harus mencerminkan nuansa integratif-interkonektif yang mampu merangsang berkembangnya potensi secara maksimal.

Kata Kunci: Filsafat, Tujuan, Metode, Pendidikan Islam


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

al-Djamaly, Mohammad Fadhil, 1967. Tarbiyah al-Insan al-Jadid, Tunisia: Matba’ah al- Ittihad al-‘Am al-Tunisiyah al-Syughli.

al-Jumlathy, Aly dan Abul Futuh al-Tuwaanisy, Dirasat Muqoronat fi al-Tarbiyah al-Islamiyah, (Mesir: Maktab al-Angelo al-Mishriyah, t.t.)

al-Syaebani, Omar Muhammad al-Touny, 1979. Falsafah Pendidikan Islam, terj. Hasan Langgulung, Jakarta: Bulan Bintang.

Arifin, H.M., 1993. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.

Healstead, J.M, An Islamic concept of Education, dalam Journal of Comparative Education. Vol.40. No.4. November 2004,

Kadivar, Mohsen, Voices Within Islam,” dalam Current History, Vol. 104, No. 678, Mei 2005

Manzoor, 1984. Ahmad, Islamic Rationalism in The Subcontinent, Lahore.

Mulkhan, Abdul Munir, Nalar Spiritual Pendidikan Solusi Problem FilosofisPendidikan Islam, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2002

Nata, Abudin,1997. Filsafat Pendidikan Islam 1, Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Ramadan, Tariq, 2004. Western Muslims and The Future of Islam, Oxford University Press.

Riyadi, Ahmad Ali,2010. Filsafat Pendidikan Islam, Yogyakarta: Penerbit Teras.

Syalabi, Ahmad, 1954, Sejarah Pendidikan Islam, terj. Muchtar Yahya, dkk, Beirut.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.