PEMBERIAN PUPUK UREA DAN PUPUK KANDANG DENGAN DOSIS YANG BERBEDA TERHADAP PRODUKSI RUMPUT GAJAH ODOT (Pennisetum purpureum CV. Moot)

Suryani Suryani, Muksalmina Muksalmina

Sari


ABSTRAK

Rumput gajah odot merupakan salah satu rumput unggul yang berasal dari filifina dimana mempunyai produksi yang cukup tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk kandang dan pupuk urea dengan dosis yang berbeda terhadap produksi rumput gajah odot (Pennisetum purpureum cv. Moot).Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok  (RAK)dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan dimana A: tanpa pemberian pupuk (kontrol) dengan total produksi 6 kg, B: 100 gram  urea + 3 kg pupuk kandang dengan total produksi 16 kg, C: 200 gram urea + 4 kg pupuk kandang dengan total produksi 16 kg, D: 300 gram urea + 5 kg pupuk kandang dengan total produksi 20 kg. Parameter yang diukur pada penelitian ini adalah jumlah anakan rumput gajah odot dan tinggi tanaman rumput gajah odot. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian pupuk urea dan pupuk kandang dengan dosis yang berbeda memberiakan pengaruh nyata (P>0,05) terhadap jumlah anakan rumput gajah odot dan tinggi tanaman rumput gajah odot. Perlakuan terbaik untuk jumlah anakan rumput gajah odot dan tinggi tanaman rumput gajah odot tedapat pada perlakuan D, dengan pemberian 300 gram ura + 5 kg pupuk kandang.

Kata Kunci: Produksi, Pupuk Kandang, Rumput Gajah, Urea


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Georgiadis, N.J., 2007. Savana Herbivore Dynamics In A Livestock-Dominated Landscape. II: Ecological, Conservation, And Management Implication Of Predator Restoration. Journal of Biological Conservation, 137 (3): 2007-2012

Hendarto E. 2005. Pengaruh kombinasi pupuk organik dan dosis urea terhadap kualitas visual dan produksi rumput raja (Pennisetum purpoides). Jurnal Pembangunan Perdesaan, 5 (2): 77-83

Lugiyo. 2004. Pengaruh Pemberian Tiga Jenis Pupuk Kandang Terhadap Produksi Rumput Panicum maximum CV. Riversdale. Prosiding temu Teknis Nasional Tenaga Fungsional Pertanian. Balai penelitian Ternak. Bogor.

Purwawangsa, Hadian dan Bramada W.P. 2014. Pemanfaatan Lahan Tidur Untuk Penggemukkan Sapi. Jurnal Risalah Kebijakan Pertanian dan Lingkungan, vol 1 no.2 hal 92-96 agusatus 2014 issn 2355-6226

Sajimin, Kompiang IP, Supriyati, Lugiyo. 2000. Pengaruh pemberian berbagai cara dan dosis Bacillus sp terhadap produktivitas dan kulaitas rumput Panicum maximum. Prosiding Seminar Nasional Peternakan dan Veteriner. Bogor 18-19 September 2000. Bogor: Puslitbang Peternakan Departemen Pertanian. hlm 359-365.

Steel, C.J. dan J.H. Torrie.1995. Prinsip dan Prosedur Statistik. PT. Gramedia. Jakarta.

Suhartono. 2012. Karakteristik Kitinase Dari Mikrobia. Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian Bogor. Buletin Teknologi Pascapanen Pertanian.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.