Faktor yang Memengaruhi Kejadian Perilaku Seks Berisiko Pada Remaja Tunarungu di Sekolah Luar Biasa Negeri Batam Tahun 2018

Karta Puspita, Muhammad Badiran, Iman Muhammad

Sari


ABSTRAK

Kejadian seks berisiko sangat berdampak buruk bagi masa depan remaja tunarungu, khususnya kesehatan reproduksinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor apa saja yang memengaruhi kejadian perilaku seks berisiko pada remaja tunarungu di Sekolah Luar Biasa Negeri Batam. Penelitian ini menggunakan rancangan cross sectional. Sampel diperoleh dengan total sampling yaitu 26 orang. Instrumen lembar kuesioner dengan memberikan 40 pertanyaan. Data dianalisis dengan Chi-Square test dan uji regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan hubungan ada pengaruh pengetahuan terhadap kejadian perilaku seks beresiko pada remaja tunarungu  (p<0,002). Ada pengaruh tindakan terhadap kejadian perilaku seks beresiko pada remaja tunarungu (p<0,007). Ada pengaruh paparan media terhadap kejadian perilaku seks beresiko pada remaja tunarungu (p<0,007). Adapun faktor yang paling berpengaruh terhadap kejadian perilaku seks berisiko pada remaja tunarungu di Sekolah Luar Biasa Negeri Batam Tahun 2018, yaitu faktor pengetahuan dengan nilai p significancy yaitu 0,002.

Kata Kunci: Perilaku, Seksual Berisiko, Tunarungu


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Agusitiani, H. 2014. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta.

Asparian, Andriani D, Lestari T. Analisis Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Seksual Berisiko pada Remaa SMA/Sederajat di Kecamatan Sungai Manau Tahun 2014. Junal Penelitian Jambi Seri Sains. 2014.

Badan Pusat Statistik, BKKBN dan Kementrian Kesehatan 2018. Survey Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) 2017. Kesehatan Reproduksi Remaja. Badan Pusat Statistik. Jakarta; 2018.

Darmasih, R. 2017. Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Seks Pranikah Pada Remaja SMA Di Surakarta, Skripsi. Program studi Kesehatan Masyarakat.FIK, UMS Surakarta.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Situasi dan Analisis HIV AIDS. Jakarta; 2017.

Diniaty, Amirah. 2015. Perilaku Seks Pranikah Pada Mahasiswa. BPFE Universitas Diponegoro; Semarang.

Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Seksual Beresiko di Salah Satu Sma Negeri Kota Padang Tahun 2016. Padang: Universitas Andalas; 2017.

Haryani, dkk. Peran Orang Tua Berhubungan dengan Perilaku Seksual Pra Nikah Remaja di SMKN 1 Sedayu. Jurnal Peneltian Addoz; 2015.

Hastono SP. 2016. Analisis Data Kesehatan. Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

I, Muhammad. 2016. Panduan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Bidang Kesehatan Menggunakan Metode Ilmiah. Cita Pustaka. Bandung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.