PENGEMBANGAN KURIKULUM SUATU ANALISIS ANTAR ALIRAN DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGIS

Iskandar Idris, Ikhwani Ikhwani

Sari


ABSTRAK

Kurikulum merupakan track yang harus dilalui peserta didik dalam pembelajaran untuk mencapai suatu tujuan pendidikan. Kurikulum yang digunakan dalam pendidikan meskipun sudah dirumuskan dengan sangat baik tetapi masih memiliki kekurangan terutama dalam pelaksanaannya. Maka dari itu pengembangan kurikulumpun menjadi sesuatu yang tidak dapat dihindarkan dalam dunia pendidikan. Dalam pengembangan kurikulum terdapat istilah yang dinamakan landasan pengembangan kurikulum.

Kata Kunci: Filosofis, Psikologis, kurikulum


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Depdiknas. 2003. Standar Kompetensi Bahan Kajian; Pelayanan Profesional Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Puskur Balitbang.

Fuaduddin dan Sukama Karya. 1998. Pengembangan dan Inovasi Kurikulum. Jakarta: Direktorat Jendral Pembinaan Kelembagaan Agama Islam.

Tim Pengembang MKDK Kurikulum dan Pembelajaran. 2002. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan UPI.

Wina Sanjaya, Dr. M.Pd. 2008. Kurikulum Dan Pembelajaran (Teori & Praktek KTSP). Cet.6. Maret 2016. Prenadamedia Group-Jakarta.

Rizma Fithri. 2014. Psikologi Belajar. UIN Sunan Ampel-Surabaya.

Hamalik, Oemar, Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2010.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dokumen Kurikulum 2013, Jakarta: Kemendikbud.

Majid, Abdul, Strategi Pembelajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.