PENENTUAN WAKTU PROSES PEWARNAAN APUSAN DARAH IKAN MENGGUNAKAN PEWARNA GIEMSA UNTUK MENUNJANG PRAKTIKUM DI LABORATORIUM PENYAKIT DAN KESEHATAN IKAN

Titin Yuniastutik

Sari


ABSTRAK

Permasalahan yang sering terjadi di Laboratorium Budidaya Ikan Divisi Penyakit Dan Kesehatan Ikan adalah praktikum hematologi darah terutama uji differensial leukosit menggunakan pewarna giemsa tentang durasi pewarnaan masih menggunakan waktu perkiraan. Hal tersebut menyebabkan hasil pemeriksaan menjadi tidak akurat, tidak optimal dan kurang dapat dipercaya untuk menjawab pertanyaan riset dan mempersulit didalam menegakkan diagnosa suatu penyakit ikan. Penggunaan prosedur baku tidak menjamin akan diperolehnya hasil yang baik, sehingga diperlukan pemilihan terhadap durasi yang tepat pada proses pewarnaan menggunakan pewarna giemsa. Ketelitian dan ketepatan sangat diperlukan dalam setiap tahap pembuatan sediaan preparat apusan darah. Penelitian ini bertujuan unruk menentukan durasi yang tepat pada proses pewarnaan sel darah ikan menggunakan pewarna giemsa dalam metode differensial leukosit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode experimen, dengan menerapkan variasi waktu pada proses pewarnaan, kemudian dilakukan proses pengamatan sel darah ikan dan masing masing hasil pengamatan dibandingkan untuk mengetahui hasil yang terbaik. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi dari pekerjaan rutin penulis di Laboratorium Budidaya Ikan Divisi Penyakit Dan Kesehatan Ikan. Berdasarkan hasil dari penelitian yang divisualisasikan melalui pengamatan mikroskop, maka dapat disimpulkan bahwa durasi pewarnaan darah ikan dengan pewarna giemsa dalam metode differensial leukosit yang terbaik adalah 20 menit dan secara signifikan berpengaruh terhadap kualitas gambaran sel darah ikan. Hal tersebut sangat bermanfaat untuk menunjang bahan pengajaran dan praktikum mahasiswa, membantu para peneliti untuk menjawab permasalahan yang timbul serta sangat diperlukan dalam menunjang diagnosa ikan.

Kata kunci: differensial leukosit, waktu pewarnaan, penyakit dan kesehatan ikan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Bijanti, R. 2005. Hematologi Ikan (Teknik Pengambilan Darah dan Pemeriksaan Hematologi Ikan). Buku Ajar Bagian Ilmu Kedokteran Dasar Veteriner. Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga.

Handari, S Suntoro, 2003. Metode Pewarnaan. Jakarta: Bhatara Karya Aksara.

Houwen, Berend. 2000. Blood Film Preparation and Staining Procedures. California.

Maskoeri, 2008. Penuntun Praktikum Anatomi dan Fisiologi Manusia. Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Jakarta.

Suryanta. Jurnal. Pengaruh Variasi Konsentrasi Giemsa Terhadap Hasil Pewarnaan Sediaan Apus Darah Tipis Pada Pemeriksaan Plasmodium sp. Dosen Jurusan Analis Kesehatan. Poltekkes Yogyakarta.

Tjokronegoro, Arjatmo dan Hendra Utama, 1996. Pemeriksaan Hematologi Sederhana. FKUI: Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.