PENGARUH KEDISIPLINAN, LINGKUNGAN KERJA,BUDAYA KERJA TERHADAP KINERJA GURU DAN PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA SMK NEGERI 1 TANAH JAMBO AYE KABUPATEN ACEH UTARA

Zakaria Yahya

Sari


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah Pengaruh Kedisplinan, Lingkungan Kerja dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada SMK Negeri 1 Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara.Perumusan masalah adalah bagaimanakah pengaruh kedisplinan, lingkungan kerja dan budaya kerja terhadap kinerja pegawai pada SMK Negeri 1 Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara.Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah keseluruhan jumlah populasi yaitu 39 orang.Variabel penelitian yaitu variabel independen terdiri dari displin kerja (X1), lingkungan kerja (X2) dan budaya kerja (X3), variabel dependen yaitu kinerja pegawai (Y).metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Kesimpulan yang didapatkan adalah Disiplin kerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian koefisien nilai thitung pada variabel disiplin kerja (X1) adalah 5.121 sedangkan nilai ttabel adalah 2.032 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima hal ini dikarenakan nilai thitung> ttabel (5.121 > 2.032) dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05. Lingkungan kerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian koefisien nilai thitung pada variabel lingkungan kerja (X2) adalah 2.244 sedangkan nilai ttabel adalah 2.032 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima hal ini dikarenakan nilai thitung> ttabel (2.244 > 2.032) dengan nilai signifikansi 0.031 < 0.05. Budaya kerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian koefisien nilai thitung pada variabel budaya kerja (X3) adalah 2.234 sedangkan nilai ttabel adalah 2.032 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima hal ini dikarenakan nilai thitung> ttabel (2.234 > 2.032) dengan nilai signifikansi 0.032 < 0.05. hasil uji F didapatkan nilai Fhitung lebih besar dari nilai Ftabel (30.330 > 2.64), dan nilai signifikansi (sig) = 0,000 yang mana lebih kecil dari nilai α= 0.05. Hasil ini membuktikan bahwa secara simultan atau bersama-sama variabel disiplin kerja, lingkungan kerja dan budaya kerja mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pegawai.

Kata Kunci: kedisiplinan, lingkungan kerja, budaya kerja, pegawai, SMK Negeri 1 Tanah Jambo Aye


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Anwar Prabu Mangkunegara. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Perusahaan. PT. Remaja Rosda Karya, Bandung.

Asmani, Jamal Ma'mur. 2009. Manajemen Strategi Pendidikan Anak Usia. Dini (PAUD). Diva press, Yogyakarta.

Djoko Widagho, 2004. Ilmu Budaya Dasar, Cetakan Kesembilan. PT. bumi Aksara, Jakarta.

Hasibuan, Malayu S. P. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Bumi Aksara. Manullang, Jakarta.

Hasibuan, Malayu S.P. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Kusdi.2011. Budaya Organisasi Teori, Penelitian, dan Praktik; Salemba, Jakarta.

Lewa, K., Iip, Idham, Eka dan Subowo, 2005, “Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja Fisik dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan di PT. Pertamina (Persero) Daerah Operasi Hulu Jawa Bagian Barat Cirebon.” Jurnal SINERGI:Kajian Bisnis dan Manajemen Edisi Khusus on Human Resources, Jakarta.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2003. Perencanaan dan Pengembangan Sumber. Daya Manusia. Refika Aditama, Bandung.

Marihot Tua Efendi, Hariandja. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Grasindo, Jakarta.

Martoyo, 2008.Manajemen Sumber Daya Manusia, Alfabeta, Bandung.

Nitisemito. Alex S, 1992. Manajemen Personalia, Edisi Revisi, Ghalia, Jakarta.

Nuraini, T. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia, Yayasan Aini Syam, Pekanbaru.

Rivai, Veithzal, 2004, “Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk. Perusahaan buku 2, Edisi Pertama, Salemba Empat, Jakarta

Robbins, Stephen. P. 2006.Perilaku Organisasi (alih bahasa Drs. Benjamin Molan), Edisi Bahasa Indonesia, PT Intan Sejati, Klaten.

Sastrohadiwiryo. B. Siswanto, DR, 2003. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia, edisi 2, PT. Bumu Aksara, Jakarta.

Sedarmayanti.2001. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Mandar Maju, Bandung.

Sedarmayanti, 2009.Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. CV. Mandar Maju, Bandung.

Siagan, Sondang, 2002. Kepemimpinan Organisasi & Perilaku Administrasi. Penerbit Gunung Agung, Jakarta.

Tu’u, Tulus, 2004. Peran Disipiln pada perilaku dan prestasi Siswa, Gramedia widiasarana, Jakarta.

Veithzal Rivai. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan Dari Teori Ke Praktek. PT. Rajagrafindo Persada, Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.