ANALISA PENGUKURAN KINERJA KARYAWAN DENGAN PENDEKATAN TEKNOLOGI INFORMASI

Zulkifli .

Sari


ABSTRAK

Zaman revolusi industri 4.0, industri mulai menyentuh dunia virtual, berbentuk konektivitas manusia, mesin dan data. Istilah ini dikenal dengan nama internet of things. Pekembangan teknologi informasi dewasa ini telah membawa pengaruh yang sangat baik bagi perkembangan Ilmu pengetahuan, Era revolusi industri 4.0 ditandai dengan perkembangan tersebut telah menjadikan teknologi merupakan salah satu alat yang dapat membantu manusia untuk mencapai tujuannya. Dengan perkembagan Teknologi Informasi (TI) saat ini telah merambah berbagai sektor, seperti bidang perkantoran  pada bidang pelayanan publik, bidang pelayanan merupakan salah satu bidang untuk mengukur kepuasan masyarakat. pada bidang tersebut karyawan merupakan salah satu ujung tombak yang berfungsi untuk menjalankan tanggung jawabnya. Walaupun perkembagan Teknologi Informasi (TI) yang begitu cepat dan pesat, tetapi para karyawan yang memberikan layanan masih belum memiliki sistem pengukuran kinerja yang akurat dan komprehensif sesuai harapan masyarakat dan visi dan strategi dari pimpinan institusi. Untuk itu diperlukan satu teknik ataupun metode evaluasi penilaian hasil kerja karyawan, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, salah satu metode yang digunakan adalah metode pengukuran dengan pendekatan IT Balanced Scorecard. Metode itu sendiri adalah suatu sistem yang memiliki 4 (empat) metode perspektif dalam bekerja, adapun sistem tersebut yaitu: 1. User Orietation, 2. Corporate Contribution, 3. Operational Excellence, 4.maksimal. Harapan dengan sistem pengukuran kinerja menggunakan metode IT Balanced Scorecard agar dapat meningkatkan sistem evaluasi dan penilaian dalam pengukuran kinerja untuk dapat menghasilkan suatu data yang dapat dipergunakan dalam pengelolaan terhadap proses peningkatan kinerja karyawan pada  institusi di masa yang akan datang.

Kata kunci: Pengukuran, Analisis Kinerja, Teknologi Informasi, IT Balanced Scorecard operational excellence and future orientation, karyawan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Budiarti, Isniar. Bidang Teknik Balanced Scorecard Sebagai Alat Ukur Kinerja dan Alat. Jurnal Bisnis dan Manajemen Jurnal Ilmiah Berkala Empat Bulanan, ISSN 1411 - 9366 Volume 5 No.1, September 2008 in http://lemlit.unila.ac.id/

Eckerson, Wayne W. 2016. Performance Dashboars. Measuring, Monitoring, and Managing Your Business. Ney Jersey

Azizah, Rohmatul. 2009. Implementasi Pengukuran Kinerja Sektor Publik dengan Sistem Balance Scorecard (Studi Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Madiun). Skripsi. Universitas Islam Neg

Rusdiyanto, Falah. 2010. Analisis Kinerja Dengan Pendekatan Balance Scorecard Pada Kabupaten Semarang. Skripsi. Universitas Diponegoro Semarang.

Burhanuddin, R. 2012. Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk Makassar. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Cleveland, J. N., Murphy, K. R., & Williams, R. E. 1989. Multiple uses of performance appraisals: Prevalence and correlates. Journal of Applied Psychology .

Dessler, G. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia (10 ed.). (P. Rahayu, Penerj) Jakarta: PT Indeks.

Gibson, J. L., Donnelly, J. H., & Ivancevich, J. M. 1997. Manajemen. Jakarta: Erlangga.

Huerta, Esperanza dan Villanueva, Francisco, 2003. The Balanced Scorecard to Measure Information Technology Performance : Work In Progress. Proceeding of the 7th of the Southern Association for Information System. Jogiyanto dan Wily Abdillah, 2011.

Zulkifli, Analisa sistem informasi pengelolaan kas mesjid berbasis komputerisasi, jurnal ilmiah berkala bulanan, ISSN1829-9598 volume 14,no.9 juli 2014 in http://jurnal.umuslim.ac.id/index.php/LTR1/article/view/727

https://www.researchgate.net/publication/267767194_E-82_SISTEM_PENDUKUNG_KEPUTUSAN_PENILAIAN_KINERJA_

https://muttaqinhasyim.wordpress.com/2012/02/24/tujuan-dan-pengertian-evaluasipenilai

http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/04/penilaian-kinerja-karyawan-definisi.html.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.