PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN RAKAN KAFE PANTON LABU KABUPATEN ACEH UTARA

Zakaria Yahya

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, promosi dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen di Rakan Kafe Panton Labu Aceh Utara. Sedangkan sampel dalam penelitian adalah pengunjung Rakan Kafe dalam kurun waktu tiga minggu terhitung dari minggu kedua bulan Mei 2017 sampai dengan minggu keempat bulan Mei 2017 dengan jumlah penunjung sebanyak 80 orang. Variabel yang akan diuji terdiri dari variabel bebas yaitu harga (X1), promosi (X2) dan kualitas pelayanan (X3) dan yang menjadi variabel terikkat adalah loyalitas konsumen (Y). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan dua (2) pengujian, yaitu pengujian hipotesis menggunakan Uji t dan dilanjutkan dengan pengujian F. Pengolahan data dan analisis data digunakan aplikasi SPSS 20 dengan analisis regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh dari masing-masing Variabel harga (X1) dengan nilai t-hitung 2.045 > t-tabel 1.991, signifikansi (0.044) < 0.05, maka nilai t-hitung yang diperoleh lebih besar dari nilai t-tabel sehingga variabel harga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen di Rakan Kafe Panton Labu Aceh Utara. Hal ini menggam-barkan bahwa semakin tinggi harga yang diberikan maka akan semakin rendah loyalitas konsumen. Variabel promosi (X2) dengan nilai t-hitung 2.962 > t-tabel 1.991, signifikansi (0.004) < 0.05, maka nilai t-hitung yang diperoleh lebih besar dari nilai t-tabel. Sehingga variabel promosi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen di Rakan Kafe Panton Labu Aceh Utara. Variabel kualitas pelayanan (X3) dengan nilai t-hitung 2.722 > t-tabel 1.991, signifikansi (0.008) < 0.05, maka nilai t-hitung yang diperoleh lebih besar dari nilai t-tabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen di Rakan Kafe Panton Labu Aceh Utara. Dari hasil uji t, promosi merupakan variabel yang paling dominan dari pada variabel harga dan kualitas pelayanan. Hasil dengan uji F didapatkan nilai F-hitung lebih besar dari nilai F-tabel (31.595 > 2.72) sehingga dapat disimpulkan bahwa secara simultan variabel independen (harga, promosi dan kualitas pelayanan) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel dependen (loyalitas konsumen).

Kata Kunci: harga, promosi, kualitas pelayanan, rakan kafe, loyalitas konsumen

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta, Jakarta.

Cooper, Donald R. dan Pamela S. Schindler.2008.Business Research Methods,Tenth Editition, Boston: McGraw-Hill International Edition.

Ghozali, Imam, 2008.Model Persamaan Struktural Konsep dan Aplikasi dengan Program Amos 16.0, Badan Penerbit UNDIP, Semarang.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2011. Marketing an Introduction.Edisi 10.Indonesia: Perason.

Kotler, Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Erlangga, Jakarta.

Kotler, Keller, 2011. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1 dan 2, Alih Bahasa : Bob Sabran, Erlangga, Jakarta.

Rangkuti, Freddy 2009.Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus.Integrated Marketing.Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Tjiptono, Fandy, 2008. Strategi Pemasaran, Edisi 3.Andi.Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy 2011, Pemasaran Jasa, Bayumedia, Malang.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.