PENERAPAN METODE COMMUNICATIVE GRAMMAR TRANSLATION METHOD (C-GTM) GUNA MENINGKATKAN PEMAHAMAN TATA BAHASA DAN KEMAMPUAN VERBAL BAHASA INGGRIS SISWA SMP DARUL YATAMA

Teuku Azhari

Sari


ABSTRAK

Kurikulum nasional Indonesia tentang mandat bahasa Inggris merupakan harmoni antara konseptual dan aplikatif.Siswa diharapkan dapat memahami konsep bahasa Inggris dan menggunakannya dalam percakapan verbal.Selanjutnya, siswa juga harus bisa menjawab pertanyaan tentang konsep tatabahasa dan komunikasi verbal dengan menggunakan bahasa Inggris dengan baik. Communicative Grammar Translation Method (C-GTM) dipercaya efektif membantu siswa dalam belajar Bahasa Eglish. C-GTM. Peneliti menerapkan metode Metode Tata Bahasa Komikatif (CGTM) kepada siswa Dayah Darul Yatama Paloh Gadeng Aceh Utara untuk meningkatkan kemampuan bahasa dan bahasa verbal mereka dalam bahasa Inggris.13 siswa kelas dua, 5 perempuan dan 8 laki-laki, dari sekolah menengah pertama mengambil bagian dalam eksperimen.Tes akhir menunjukkan peningkatan yang signifikan baik dalam pemahaman tata bahasa maupun kemampuan verbal.Hasil kuisioner juga menguatkan temuan tersebut.Siswa mengatakan bahwa mereka percaya metode ini efektif untuk membantu pembelajaran mereka.

Kata kunci: Metode Terjemahan Komunikatif, Grammar, Tata Bahasa, Kemampuan Verbal


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Abbas, Saqib, and Ali, Waheed. 2014. Comparison between Grammar &Translation Method & Communicative Language Teaching.International Journal of Advanced Research, Vol 2, (6), pg.124-128.

Aqel, Ishraq M. 2013. The Effect of Using Grammar Translation Method on Acquiring English as Foreign Language. International Journal of Asian Science.Vol 3 (12). Pg. 2469-2476

Belchamber, Rebecca. The Advantages of Communicative Language Teaching.http://iteslj.org/Articles/Belchamber-CLT.html. diakses tgl 28 Mei 2015

Canale, Micheal. 1980. Theoretical Bases of Communicative Approaches toSecond Language Teaching and Testing, Applied Linguistics, 1 p.1

Chang, Shih-Chuan. 2011. A Constrastive Study of Grammar TranslationMethod and Communicative Approach in Teaching English. EnglishLanguage Teaching. Vol 4 (2)

Mondal, Nitish Kumar. 2012. A Comparative Study of Grammar TranslationMethod and Communicative Approach in Teaching English Language.NewYork Science Journal, Vol 5(5) http://www.sciencepub.net.diakses tgl 28 Mei 2015

Richard, Jack C. 2006. CommunicativeLanguage TeachingToday. Cambridge University Press. 32 Avenue of the Americas, New York, ny 10013-2473,USA

Spada, Nina. Communicative Language Teaching: Current Status and FutureProspect. The University of Toronto, Canada.http://en.wikipedia.org.diakses tgl 28 Mei 2015

Walia, Divya Nimit. 2013. Traditional Teaching Methods vs CLT: A Study.Frontier of Language Teaching.Vol 2. http://www.academia.edu. diakses tgl 28 Mei 2015.


Refbacks

  • »