PENINGKATAN PEMBELAJARAN MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) PADA MATERI BAHASAN PASAR KELAS XI I DI MAN PEUSANGAN

M Saleh Aksa

Sari


ABSTRAK

Salah satu model pembelajaran yang dapat mengefektifkan IPS ekonomi adalah model pembelajaran PAKEM. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh Nenden Sundari, dkk (2008)  yang berjudul “Penerapan PAKEM dalam Meningkatkan hasil Belajar Matematika” (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VI SD Muhammadiah), menyatakan bahwa penerapan PAKEM dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa dari rata-rata 88,27 (siklus I ) menjadi rata-rata 97,59 (siklus II). Temuan mendukung rasional bahwa pembelajaran yang menyenangkan (PAKEM) memberikan stimulasi pada kemampuan belajarnya. Belajar adalah perubahan tingkah laku pada individu, perubahan tingkah laku tersebut berupa pengetahuan (kognitif), nilai dan sikap (afektif) serta ketrampilan (psikomotorik), menurut purwanto (2007: 85) “belajar merupakan suatu perubahan didalam kepribadian yang menyatakan diri sebagai suatu pola baru dan pada reaksi yang berupa kecakapan, sikap, kebiasan, kepandaian, atau suatu pengertian”. Kegiatan belajar mengajar merupakan kegiatan yang paling pokok. Ini berarti bahwa berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan banyak tergantung bagaimana proses belajar yang dialami siswa sebagai anak didik. Menurut slameto (2003: 2) “ belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan. Sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya”. Berdasarkan uraian di atas penulis tertarik untuk melakukan suatu penelitian dengan harapan dapat membantu siswa dalam meningkatkan prestasi belajar sehingga membawa pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Atas dasar pemikiran tersebut, penulis bermaksud mengadakan suatu penelitian yang berjudul “ Menigkatkan Efektivitas Pembelajaran Melalui Penerapan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan menyenangkan (PAKEM)pada Pokok Bahasan Pasar Kelas XI  di MAN Gandapura.

Kata Kunci: Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM)


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2007. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Alam S. 2007. IPS Ekonomi Untuk SMA Kelas XI . Jakarta

Dimyati dan Mudijiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:PT. Rineka Cipta.

Purwanto M.Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan. PT. Remaja Rosda Karya Bandung

Sudijono, Anas. 2005. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto.2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Rineka Cipta. Jakarta

Trianto. 2007. Model- model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstrukstivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.