MEMBANGUN JARINGAN PC CLONING MENGGUNAKAN CLONEZILLA

Sriwinar .

Sari


ABSTRAK

Pada era zaman modern ini peran teknologi sangat diperlukan , seperti hal yang kita ketahui kata komputer tak asing lagi di telinga kita, setiap unit komputer pasti memiliki sistem operasi sesuai dengan keinginan user nyan,jika di suatu laboratorium memiliki 30 komputer setelah 4 bulan pemakaian ternyata seluruh komputer tersebut terjangkit virus atau beberapa diantaranya sistem operasinya rusak, sehingga memerlukan penginstalan sistem operasi kembali. Untuk proses instalasi sistem operasi ini akan memerlukan waktu yang cukup lama untuk seluruh komputer, maka dibutuhkan teknik bagaimana menginstal seluruh komputer dalam waktu yang seefektif mungkin. Oleh karena itu dalam penelitian ini akan membahas tentang Jaringan Pc Cloning dengan clonezilla. cloning hardisk ini dengan menggukan DRBL (Diskless Remote Boot in Linux) dengan memanfaatkan Clonezilla dan ubuntu sebagai sistem operasi server. Dengan adanya DRBL maka mempermudah penduplikasian tanpa membutuhkan waktu yang lama dalam proses instalisasi ulang.

Kata Kunci: Jaringan, Ubuntu, Clonezilla


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Purbo, Onno W. 2006. PC Cloning Windows Pakai Linux LTSP, Andi, Yogyakarta.

Sofana, Iwan. 2006, Membangun Jaringan Komputer (Membuat Jaringan Komputer (Wire dan Wireless) Untuk Pengguna Windows dan Linux, Informatika, Bandung.

Arifin, Zaenal. 2005. Langkah Mudah Membangun Jaringan. Andi: Yogyakarta.

Setiawan, Iwan. 2006. Langkah Mudah Membangun Jaringan. Andi: Yogyakarta

Sopandi, Dede. 2008. Instalasi dan Konfigurasi Jaringan Komputer. Informatika: Bandung

Eko, Dian Eko Kuncoro dan Sardinia Damayanti, 2009. Membangun Pc cloning menggunakan aplikasi betwin pada jaringan LAN di smp negeri 11 malang; Malang

Handoyo, Inu, 2002, PC Cloning Solusi Efektif Pemakaian Komputer Bersama, Elex Media Komputindo. Jakarta

Imron, 2003, PC Cloning. Universitas Sriwijaya


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.