PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK COKELAT CADBURY (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Medan)

Dita Eka Pertiwi Sirait

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengalisis pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk cokelat merek Cadbury dengan menggunkan analis regresi berganda. Sampel yang digunakan sebanyak 109 orang responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan dan secara parsial citra merek dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk cokelat merek Cadbury pada  mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi i Universitas Negeri Medan.

Kata Kunci: Citra merek, kualitas produk, keputusan pembelian

PENDAHULUAN

Konsumen sebagai individu yang melakukan pembelian, memiliki perilaku yang berbeda-beda dalam melakukan pembelian. Beberapa hal yang diperhatikan konsumen dalam melakukan pembelian yaitu citra merek, kualitas produk, promosi, harga, pelayanan, dan lain sebagainya. Semakin banyaknya persaingan tentunya menimbulkan semakin banyak pula pilihan bagi konsumen untuk membeli produk yang sesuai dengan harapannya. Karena itu, perusahaan harus mampu membangun suatu brand image (citra merek) terhadap produk yang mereka miliki dan juga meningkatkan kualitas produk yang lebih baik dari pesaing mereka

Citra merek (brandimage) adalah persepsi merek yang dihubungkan dengan asosiasi merek yang melekat dalam ingatan konsumen (Rangkuti, 2009). Produk Cokelat merupakan salah satu produk barang konsumsi yang disukai oleh banyak orang termasuk di kalangan mahasiswa. Rasa cokelat yang lezat membuat para penikmatnya menjadi tagihan untuk melakukan pembelian ulang. Salah satu merek cokelat yang banyak ditemukan di pasaran yaitu cokelat merek cadburry. Produk cokelat tersebut pernah diterpa isu mengenai kandungan DNA babi yang diduga terdapat pada cokelat Cadbury Dairy Milk Roast Almond dan Cadbury Milk Hazelnut (https://news.detik.com).


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Abdullah, Thamrin & Francis Tantri. 2014. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Girafindo Persada.

Assauri, Sofjan. 2014. Manajemen Pemasaran, Dasar, Konsep & Strategi. Jakarta: Rajawali Pers.

Fatlahah, Aniek. (2012). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Es krim Wall’s Magnum. Jurnal Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya Kampus Ketintang Surabaya.

Feriyanto, Andri & Shyta, Endang Triana. 2015. Pengantar Manajemen (3 in 1) Untuk Mahasiswa dan Umum. Yogyakarta: MEDIATERA.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasan, Ali. 2013. Marketing&Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS.

Herlambang, Susatyo. 2014. Basic Marketing (Dasar-Dasar Pemasaran): Cara Mudah Memahami Ilmu Pemasaran. Yogyakarta: Pustaka Baru.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1, Jakarta: Erlangga.

Marwanto, Aris. 2015. Marketing Sukses. Yogyakarta: Kobis.

Nitisusastro, Mulyadi. 2013. Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Kewirausahaan. Bandung: ALFABETA C.V.

Ratnasari, Ririn Tri & Mastuti Aksa. 2011. Teori dan Kasus Manajemen Pemasaran Jasa. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ratnasari, Maria Dewi ,Agus Hermani D seno, & Sari Listyorini. (2014). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Blackberry. Studi Kasus S1 FISIP, Journal Of Social and Politic Diponegoro. Semarang: Universitas Diponegoro.

Romah, Siti. (2015). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Perhiasan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Surabaya: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA).

Sangadji, Etta Mamang & Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.

Sanusi, Anwar. 2013. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Setiadi, Nugroho. 2013. Perilaku Konsumen: Perspektif Komtemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Jakarta: KENCANA PRENADA MEDIA GROUP.

Sihite, Mislan. 2013. Manajemen Operasi dan Produksi. (Tidak Dipublikasikan).

Soewadji, Jusuf. 2012. Pengantar Metodologi Penelitaian. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sugiono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, Ujang, et.al. 2013. Pemasaran Strategik (Perspektif Value-BasedMarketing& Pengukuran Kinerja). Bogor: IPB Press.

Sunyoto, Danang. 2014. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan Kasus). Yogyakarta: CAPS.

______________. 2014. Konsep Dasar Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CAPS.

______________. 2014. Praktik Riset Peilaku Konsumen (Teori, Kuisioner, Alat, dan Analisis Data). Yogyakarta: CAPS.

Suparyanto, RW &Rosad. 2015. Manajemen Pemasaran: Dilengkapi 45 Judul Penelitian dan Kasus Sehari-hari di Indonesia. Bogor: IN MEDIA

Supranto&NandanLimakrisna. 2007. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Untuk Memenangkan Persaingan Bisnis. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Suryani, Tatik, 2012. Perilaku Konsumen: Implikasi pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tjiptono, Fandy, 2011. Manajemen & Strategi Merek. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.

Tjiptono, Fandy & Chandra, Gregorius, 2011. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.


Refbacks

  • »