Pendidikan Agama Islam Universitas Al Muslim
Sari
ABSTRAK
Naturalisme berasal dari dua kata, “natural” artinya “alami” dan “isme” artinya “paham”. Aliran naturalisme dapat juga disebut sebagai “paham alami”. Maksudnya, bahwa setiap manusia yang terlahir ke bumi ini ada dasarnya memiliki kecenderungan atau pembawaan yang baik dan tak ada seorangpun terlahir dengan pembawaan yang buruk. Dimensi utama dan pertama dari pemikiran aliran filsafat naturalisme di bidang pendidikan adalah “pentingnya pendidikan itu sesuai dengan perkembangan alam”. Oleh karenanya pendidikan tidak hanya sebatas untuk menjadikan seseorang mau belajar, melainkan juga untuk menjadikan seseorang lebih arif dan bijaksana. Naturalisme dalam filsafat pendidikan mengajarkan bahwa guru paling ilmiah dari seorang anak adalah kedua orang tuanya. Jenis penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu: Library research (penelitian kepustakaan), adalah suatu penelitian yang digunakan untuk membaca dan menelaah buku-buku dan bahan-bahan lainnya yang ada hubungan dengan objek yang diteliti. Sedangkan metode penelitiannya yaitu studi kepustakaan (Study Literature).
Kata Kunci: Naturalisme, Materialisme Pendidikan
Teks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Ahmad Tafsir, 2012. Filsafat Umum Akal dan Hati Sejak Thales sampai Capra, Bandung: Rosdakarya
Al-Rasyidin, 2008. Falsafah Pendidikan Islami, Bandung: Citapustaka Media Perintis
Bertens. K, 1998. Filsuf-Filsuf Besar Tentang Manusia, Jakarta: Gramedia
C.A. Van Peursen (Terj), 1991. Orientasi di Alam Filsafat, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Dick Hatoko, 2002. Kamus Populer Filsafat, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Ismail Asy-Syarafa, 2005. Ensiklopedi Filsafat, Jakarta Timur
Jujun S. Suriasumantri, 1998. Filsafat Ilmu; Sebuah Pengantar Populer, Jakarta: Sinar Harapan
Muhammad Hatta, 1986. Alam Pikiran Yunani, Jakarta: Tintamas