UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ALAT PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA MELALUI PENERAPAN METODE MAKE A MATCH UNTUK KELAS V SD NEGERI 2 LHOKSEUMAWE
Sari
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah dan kurangnya aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan Hasil belajar siswa pada materi alat pencernaan makanan pada manusia dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan metode Make A Match. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di SD Negeri 2 Lhokseumawe tahun ajaran 2017/2018. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Lhokseumawe yang terdiri dari 20 siswa yaitu 5 laki-laki dan 15 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak II siklus, dimana setiap siklus terdiri 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi alat pencernaan makanan pada manusia di kelas V SD N 2 Lhokseumawe tahun ajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil analisis hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh sebesar 65% sedangkan pada siklus II sebesar 90%. Aktivitas guru pada siklus I sebesar 71% dan pada siklus II 95%, Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 62% dan pada siklus II 91%. Respon siswa kelas V SD Negeri 2 Lhokseumawe pada materi alat pencernaan makanan pada manusia melalui metode Make A Match menunjukkan respon yang sangat baik, sebanyak 45% siswa sangat senang dengan penggunaan metode Make A Match. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Make A Match dalam pembelajaran disukai oleh siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Make a Match, Alat Pencernaan Manusia
Teks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Dadang, 2010. Dadang skripsi. (online), (Dadankpgsd, blogspot.com/2012/01/skripsi.html), diakses 12 september 2017.
Dimyati, 2009. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Istarani, 2011. 58 Model Pembelajaran. Medan: Media Persada.
Jihad, A. 2008. Evaluasi Pembelajaran.Yogyakarta: Multi Presindo.
Kusumah, 2010. Mengenal penelitian tindakan kelas. Jakarta: Indeks.
Moleong, J Lexi, 2007. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Pupuh Faturrahman, 2007. Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Refika Aditama.
Purwanto, 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusydiana. 2016. Skripsi Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Makluk Hidup dan Lingkungannya Melalui Model Make A Match Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Muara Dua.
Sani, Ridwan Abdullah, 2014. Inovasi Pembelajaran. Jalarta: Bumi Aksara.
Sudijono, Anas. 2005. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Sudjana, N. 2004. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sutikno, S. M. 2004. Menuju Pendidikan Bermutu. Mataram: NTP Press.
Trianto, 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.