MOTIVASI IBU RUMAH TANGGA DALAM MENGIKUTI PROGRAM KELUARGA BERENCANA (KB) DI GAMPONG ALUE JAMOK KECAMATAN BAKTIYA KABUPATEN ACEH UTARA

Sumanti dan Syatariah

Sari


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk menganalisa dan menguraikan motivasi ibu rumah tangga mengikuti program Keluarga Berencan (KB)  dan menjelaskan alat kontrasepsi yang mereka gunakan di Gampong Alue Jamok Kecamatan Baktiya Kabupaten Aceh Utara. Penelitian ini bersifat kualitatif ,informan penelitian adalah para akseptor keluarga berencana informan ditentukan dengan snowball sampling.data dianalisa dengan reduksi ,penyajian dan penarikan kesimpulan temuan penelitian menjelaskan bahwa ibu rumah tangga termotivasi untuk mengikuti keluarga berencana dikarenakan untuk mengatur jarak kelahiran anak dan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga agar mereka tidak melahirkan setiap tahun dan kasih sayang pada anak bisa diatur dan pada umumnya ibu rumah tangga tersebut lebih senang menggunakan alat kontrasepsi berupa suntik baik jangka satu bulan ataupun yang tiga bulan.

 

Kata Kunci: Keluarga Berencana (KB)

 


Pendahuluan

 

Upaya untuk mengatasi ledakan jumlah penduduk tersebut salah satunya adalah melalui program Keluarga Berencana (KB). KB merupakan bagian integral dari pembangunan Nasional yang bertujuan melembagakan Norma Keluarga Kecil Bahagia dan Sejahtera (NKKBS). Program KB saat inisudah merupakan suatu keharusan dalam upaya menanggulangi pertumbuhan penduduk dunia umumnya dan penduduk Indonesia khususnya. Berhasil tidaknya kita melaksanakan program KB ini akan menetukan berhasil tidaknya dalam mewujudkan kesejahteraan bangsa Indonesia (BKKBN, 2010).

Program keluarga berencana (KB) merupakan usaha langsung yang bertujuan untuk mengurangi tingkat kelahiran melalui penggunaan alat kontrasepsi. Program keluarga berencana juga mempunyai tujuan ganda yaitu menurunkan tingkat kelahiran serta meningkatkan kesejahteraan ibu dan anak semua ini bermuara pada tujuan yang lebih besar yakni mewujudkan keluarga Indonesia yang berstruktur kecil dan sejahtera. Program KB adalah bagian yang terpadu (integral) dalam program pembangunan nasional dan bertujuan untuk menciptakan kesejahteraan ekonomi, spiritual dan sosial budaya penduduk Indonesia agar dapat tercapai keseimbangan yang baik dengan kemampuan produksi nasional.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Handayani, E. S. (2009). Motivasi Ibu-Ibu Rumah Tangga dalam Menyukseskan Program KB. Yogyakarta: Fakultas Islam Sunan Kalijaga.

Moleong, 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Niken Meilani, S.SiT, dkk. (2010). Pelayanan Keluarga Berencana. Yogyakarta: Fitramaya.

Nazariah (2005) Pelaksanaan Program Keluarga Berencana Pada Posyandu Studi di Desa Paniga Kecamatan Muara batu Kabupaten Aceh Utara. Bireuen Matangglumpangdua: Almuslim.

Mukhliza, S. A. (2013). Peranan Keluarga Berencana (KB) untuk Meningkatkan Motivasi Ibu Sebagai Akseptor Keluarga Berencana (KB) di Gampong Cempeudak Kecamatan Kutamakmur Kecamatan Aceh Utara. Matangglumpangdua: Almuslim.

Muryanta, A. Apa Kabar HKG PKK KB Kesehatan . 2011[cited2011 July 30]. Available from: http://www.kulonprogokab.go.id/v2/getfile.php?file=APA-KABAR-HKG-PKK-KB-KESEHATAN.pdf


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.