PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 BIREUEN

Rahmawati dan Eri Agustina Dewi

Sari


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Giving Question and Getting Answer terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan makanan di kelas VIII SMP Negeri 4 Bireuen. Jenis penelitian yang digunakan adalah True Experimental dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIII2 untuk kelas eksperimen dan kelas VIII4 untuk kelas kontrol yang masing-masing kelas terdiri dari 32 siswa. Analisis data menggunakan uji-t skor N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Giving Question and Getting Answer berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernan makanan di kelas VIII SMP Negeri 4 Bireuen.

 

Kata Kunci :  Giving Question and Getting Answer, hasil belajar, sistem pencernaan makanan.

 


Pendahuluan

 

Hasil belajar yang baik salah satunya didukung oleh penggunaan metode yang sesuai (Sudjana: 2005). Metode pembelajaran yang disajikan oleh guru hendaknya pembelajaran yang berpusat pada siswa (Student Centered) bukan berpusat pada guru (Teacher Centered). Pembelajaran yang berpusat pada pandangan konstruktivis dapat memperkaya pengalaman belajar siswa, sehingga aktivitas siswa dalam belajar akan meningkat. Peran guru hanya bersifat membantu bukan memberikan ceramah atau mengendalikan seluruh kegiatan di kelas. Siswa menemukan sendiri fakta, konsep atau prinsip yang membuat informasi menjadi bermakna dan relevan bagi siswa.

Model pembelajaran kooperatif tipe Giving Question and Getting Answer merupakan salah satu dari tipe model pembelajaran kooperatif yang merangsang peserta didik untuk aktif di dalam kelas serta mendengarkan semua penjelasan guru. Menurut Suprijono (2009: 107) model pembelajaran Giving Questions and Getting Answer merupakan suatu model pembelajaran yang dikembangkan untuk melatih peserta didik sehingga memiliki kemampuan dan keterampilan bertanya dan menjawab pertanyaan.

Dapat disimpulkan bahwa model ini memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya mengenai hal yang tidak dimengerti dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjelaskan hal yang sudah dimengerti kepada temannya yang lain. Model ini juga akan meningkatkan keberanian siswa dalam mengemukakan pendapatnya dan memberikan sikap saling menghargai antar siswa.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Silberman, L. Melvin. 2007. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insan Madani.

Sudjana, N. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Rosdakarya.

Sugiono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.