PENDIDIKAN PADA MASA NABI (PROSES PEMBUDAYAAN MANUSIA DI ERA MAKKAH)

Al Mawardi. MS

Sari


ABSTRACT

Education is the process to be treat like human whole. In the context of Islamic history, education has been going on since the time of the Prophet Muhammad in Mecca and Medina. Orientation of education in the era of the Prophet Muhammad was focused on the actualization of the values of monotheism. While the main strategy is through a good imitation. In general, the curriculum at different Mecca to Medina period. At the time of the Prophet in Mecca, the curriculum is more oriented to monotheism, whereas since the Prophet migrated to Medina, the Islamic education curriculum is more oriented to the things that are social and cultural. Prophet Muhammad was a successful teacher in fostering the learners to become qualified man (insan kamil). The success of the prophet education for its ability to reform the system of ignorance into the Islamic civilization in a period of less than 23 years.

Key Word; Education in the era of the Prophet Muhammad


PENDAHULUAN

Sejarah pendidikan Islam, merupakan "satu cabang ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam, baik dari segi gagasan atau ide-ide, konsep, lembaga maupun operasionalisasi sejak zaman nabi Muhammad Saw. hingga saat ini". Dalam pandangan Asma Hasan Fahmi, dalam mempelajari pendidikan Islam, yang terpenting sekali dipelajari adalah mengenai lembaga pengajarannya dan sistemnya, kurikulum dan tujuannya, metode-metode mengajar dan cara-caranya.

Pembicaraan mengenai pendidikan Islam tidak dapat dilepaskan dari dua hal yang sangat esensial dan menjadi dasar bagi tegaknya pondasi pendidikan Islam itu sendiri, kedua hal tersebut adalah al-Qur`an dan sunnah Rasulullah Saw. Sehingga tidaklah berlebihan apa yang dikemukakan Azyumardi Azra, bahwa berbicara mengenai sejarah pendidikan Islam, sama halnya dengan membicarakan Islam itu sendiri, sebab sejarah pendidikan Islam lahir bersamaan dengan lahirnya Islam itu sendiri yakni bila dipakai pengertian yang seluas-luasnya.

Sebagaimana tergambar jelas dari judul, makalah ini akan mencoba memetakan beberapa prinsip yang mendasari pendidikan Islam yang telah dipancangkan tonggaknya oleh Rasulullah. Tetapi karena tema kajian ini juga sangat erat kaitannya dengan sejarah, maka pada bahagian awal dari makalah ini akan dikemukakan latar historis keberadaan masyarakat yang dihadap Rasulullah dan kemudian secara sepintas juga akan diuraikan bagaimanakah metode yang ditempuh Rasul dalam mensosialisasikan Islam di tengah-tengah masyarakatnya, sehingga akhirnya beliau berhasil menyemaikan benih-benih tauhid di tengah kemusyrikan yang telah melanda sebagian besar masyarakat yang dihadapinya pada saat priode Makkah.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Abdul Hamid al-Hasyimi, 2001, Mendidik Ala Rasulullah (Bagaimana Rasulullah Mendidik), terj. Ibn Ibrahim, cet. I, Jakarta: Pustaka Azzam

Ahmad Syalabi, 1997, Sejarah Kebudayaan Islam I, cet. IX,Jakarta; Al-Husna Zikra.

Akram Dhiyaudin Umari, 1999, Masyarakat Madany: Tinjauan Historis Kehidupan Zaman Nabi, terj. Mun’im A. Sirry, cet.II, Jakarta: GIP.

Asghar Ali Engineer, 1999, Asal Usul dan Perkembangan Islam, terj.Imam Baehaqi, Yogyakarta;Pustaka Pelajar.

Azyumardi Azra, 1999, Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, cet. I, Jakarta: Logos.

M. Alawi Al-Maududi Maliki, 2002, Prinsip-Prinsip Pendidikan Rasulullah (Ushul At-Tarbawiyah an-Nabawiyah), terj. Muhammad Ihya` Ulumuddin, cet. I, Jakarta: Gema Insani Press.

Mahmud Yunus, 1996, Sejarah Pendidikan Islam, cet. I, Bandung: al-Maarif.

Syed Hossein Nasr, 1997, Muhammad Kekasih Allah, terj.R.Soeryadi Joyopranoto,cet.II, Jakarta; Srigunting.

Zuhairini dkk., 1995, Sejarah Pendidikan Islam, cet.IV, Jakarta: DEPAG dan Bumi Aksara.


Refbacks

  • »
  • »