PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MENULIS RESENSI MELALUI METODE JIGSAW DAN DISCOVERY LEARNING
Sari
ABSTRACT
The purpose of this research was to describe the comparison the jigsaw and discovery learning method in making a review skill. The research method was an experiment. There were 222 students involved in class XI at MAN 1 Padang. It took 72 students from 2 classes, they were first experiment class and second experiment class. Each of class consist of 36 student as a sampel for the research. The choice of the sample was random. The hypothesis verification was done by using âtâ test. The result of the research was there were significant (better jigsaw of result if compared to method of study of discovery learning) differences between the result of jigsaw learning method and discovery learning method in making a review skill.
Kata kunci: Hasil Belajar, Keterampilan Menulis Resensi, Metode Jigsaw, Metode Discovery Learning
PENDAHULUAN
Menulis merupakan suatu proses memindahkan bahasa lisan ke dalam wujud tulisan untuk mengungkapkan ide, pikiran, dan gagasan yang disusun sehingga informasi yang disampaikan dapat dipahami pembaca. Fisilmikaffah (2008:18) menjelaskan bahwa menulis adalah sebuah proses yang dapat menumbuhkan dan mengembangkan kemampuan berpikir dinamis, analistis, dan kemampuan membedakan secara valid dan akurat. Menurut Suparno (2008:29), menulis pada dasarnya dipandang sebagai kegiatan penyampaian pesan (komunikasi) dengan menggunakan bahasa sebagai mediumnya. Kegiatan menulis juga dianggap sebagai kegiatan produktif karena kegiatan menulis menghasilkan suatu produk yang akan dibaca oleh khalayak, serta kegiatan ekspresif karena menggungkapakan ide, gagasan, pengetahuan, dan pengalaman kepada pembaca.
Terampil untuk menulis memang perlu dilatihkan kepada siswa. Siswa sudah selayaknya difasilitasi guru dalam menuangkan ide dan gagasannya ke dalam tulisan-tulisan melalui pelatihan yang intensif. Kegiatan tersebut seharusnya dilakukan secara rutin dan berkala agar siswa dapat terbimbing. Selain itu, keterampilan siswa dalam menulis akan dapat terbentuk secara bertahap melalui proses tertentu.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Andheska, Harry. 2012. Pengaruh Metode Discovery Learning dan Kebiasaan Membaca terhadap Keterampilan Menulis Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Padang. (Tesis). Padang: UNP.
Abizar. 1995. Strategi Instruksional: Latar Belakang Teori dan Penelarannya. Padang: IKIP Padang Press.
Fisilmikaffah, Badai. 2008. Jurus Maut Menulis Buku Best Seller. Jogjakarta. Araska.
Hamalik, Oemar. 2012. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Illahi, Mohammad Takdir. 2012. Pembelajaran Discovery Strategy & Mental Skill Vocational. Jogjakarta: DIVA Press.
Ismawati, Esti. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra. Surakarta: Yuma Pustaka.
Irma, Chairiah. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Interaksi Sosial terhadap Hasil Belajar Sosiologi di SMA Negeri 1 Sei Bamban. Jurnal Tabularasa PPs UNIMED. Volume 8 No. 1, Juni 2011.
Lie, Anita. 2002. Cooperative learning. Jakarta: P2LPTK.
Nur, Mohammad. 2005. Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: LPMP Jawa Timur.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran (mengembangkan profesional guru). Jakarta: Rajawali Pers.
Sagala, Syaiful. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Saliwangi, Basennang. 1989. Pengantar Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Malang: IKIP Malang.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2010. Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suparno dan Mohamad Yunus. 2008. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Slavin, Robert E. 2009. Cooperatitive Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.