PEMANFAATAN PIXEL INDICATOR TECHNIQUE (PIT) DAN PSEUDO RANDOM NUMBER GENERATOR (PRNG) DALAM PENYISIPAN PESAN TEKS PADA GAMBAR

Dani Gunawan, M. Fadly Syahputra dan Amira Akhmad Nasution

Sari


ABSTRAK

Dengan perkembangan teknologi informasi memudahkan pengguna melakukan pertukaran data dalam kapasitas yang relatif besar. Perkembangan tersebut dapat memicu kejahatan terhadap pencurian data pada saat pengiriman data. Email merupakan salah satu alternatif pertukaran data antar pengguna. Namun untuk mencegah pencurian data oleh pihak yang tidak diinginkan diperlukan integrasi aplikasi steganografi pada email client. Steganografi merupakan teknik penyisipan pesan kedalam suatu media, salah satunya adalah gambar. Salah satu teknik steganografi adalah Pixel Indicator Technique (PIT). PIT merupakan teknik penyembunyian pesan yang menggunakan indikator dan channel. PIT memanfaatkan channel warna 24-bityang terdiri dari Red, Green dan Blue (RGB) dalam setiap pixel. PIT dapat dimodifikasi dengan menerapkan Pseudo Random Number Generator (PRNG) yang merupakan sebuah fungsi matematika yang menghasilkan bilangan acak yang berpola.Implementasi steganografi menggunakan PIT dan PRNG dilakukan pada email clientMozilla Thunderbird. Nilai bilangan acak (PRNG) merupakan indikator yang digunakan untuk menentukan channel warna yang akan digunakan untuk penyisipan pesan. Dengan menerapkan PRNG terhadap PIT dapat disimpulkan bahwa kapasitas dari PIT meningkat dan perbedaan gambar cover dengan gambar stego tidak terlihat perbedaannya secara kasat mata.

Kata Kunci; Steganografi, Pixel Indicator Technique (PIT), Pseudo Random Number Generator (PRNG).


PENDAHULUAN

Pada era digital ini, perkembangan teknologi semakin pesat. Seiring dengan hal tersebut, perkembangan jaringan internet juga semakin luas. Dengan adanya jaringan internet tersebut, memudahkan pengguna (user) saling bertukar informasi (data) dalam kapasitas yang relatif besar. Salah satu alternatif pertukaran tersebut adalah email. Seiring dengan perkembangan tersebut, pencurian data melalui media internet pun semakin marak dilakukan oleh penyadap pada saat proses pengiriman data dan banyak user yang tidak menyadarinya sehingga mengirim data penting melalui email.

Untuk menghindari terjadinya kejahatan maka diperlukan sebuah metode pengamanan data. Steganografi adalah salah satu metode alternatif pengamanan pertukaran data dengan kapasitas yang relatif besar. Steganografi mengamankan data dengan cara menyisipkan data kedalam suatu media. Pada perkembangannya, penyembunyian data dengan cara steganografi bisa menggunakan beberapa teknikdiantaranya Least Significant Bit (LSB), Stego Color Cycle (SCC), dan Pixel Indicator Technique (PIT). LSB adalah teknik steganografi dengan menyisipkan pesan pada bit paling tidak signifikan atau bit akhir dari sebuah pixel pada gambar. SCC merupakan penyisipan pesan kedalam gambar dengan perputaran channel RGB yang digunakan untuk menyisipkan pesan [3]. PIT merupakan pengembangan dari LSB dimana penyisipan pesan dilakukan pada 2 bit akhir pada channel warna berdasarkan indikator warna dengan menyisipkan minimal 0 bit dan maksimum 4 bit.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Rachmanto, E.H. & Sari, C.A. 2014. Kriptografi Dengan Algoritma Vernam Chiper dan Steganografi dengan Metode End Of File (eof) Untuk Keamanan Data Email. Techno.COM, Vol. 13 (3): 150-157

Anggraini, Y. & Sakti, D.V.S.Y. 2014. Penerapan Steganografi Metode End Of File (Eof) Dan Enkripsi Metode Data Encryption Standard (Des) Pada Aplikasi Pengamanan Data Gambar Berbasis Java Programming. Konferensi Nasional Sistem Informasi: 1744 – 1753.

Gutub, A.A.. 2010. Pixel Indicator Technique For RGB Image Steganography. Journal of Emerging Technologies in Web Intelligence Vol 2 (1): 57 - 64.

Gutub, A., Anker, M., Abu-Ghalioun, M.,Shaheen, A. & Alvi, A. 2008. Pixel Indicator High Capacity Technique for RGB Image Based Steganography. Saudi Arabia: King Fahd University of Petroleum & Minerals.

Andika, Y. 2012. Pengembangan Random Number Generator dengan Video dan Suara. Skripsi. Institut Teknologi Bandung.

Barus, B.H.D. 2012. Perancangan Add On Keamanan E-mail Mozilla Thunderbird dengan Algoritma Kriptografi XOR dan Three Pass Protocol serta Kompresi Lempel Ziv Welch. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.

Sanjeev, M., Mayank, D. & Singh. S.B. 2010. Customized and Secure Image Steganography Through Random Numbers Logic. Signal Processing: An International Journal Vol 1 (1): 1 – 16.

Alatas, P. 2009. Implementasi Teknik Steganografi Dengan Metode LSB Pada Citra Digital. Skripsi. Universitas Gunadarma.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.