IMPLEMENTASI METODE TOPSIS SEBAGAI PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PENENTUAN LOKASI PEMBANGUNAN ATM (ANJUNGAN TUNAI MANDIRI)

Iqbal .

Sari


ABSTRAK

Kebutuhan akan layanan ATM (Anjungan Tunai Mandiri) disekeliling kita sangat dibutuhkan, terutama di tempat keramaian atau pusat perbelanjaan, seiring dengan banyaknya ATM yang didirikan maka semakin banyak pula persaingan antar bank dalam memikat nasabah, salah satu faktornya adalah lokasi penempatan ATM yang tepat. Sistem Pendukung Keputusan (SPK) adalah sebuah sistem yang mampu memvisualisasikan tingkat kebuituhan penempatan ATM sesuai dengan analisa yang menghasilkan dukungan alternatif pada keputusan yang tepat, sedangkan metode yang diimplementasikan menggunakan Technique For Order Preference By Similarity To Ideal Solution (TOPSIS). Penilaian terhadap beberapa lokasi alternatif ditentukan dengan analisa terhadap beberapa Kriteria yang digunakan, antara lain jarak dari ATM yang sudah ada, jarak dengan pasar, permintaan masyarakat, luas lokasi, jarak dari perumahan, dan jumlah toko sekitar.

Kata Kunci: SPK, ATM), Metode Topsis, Penentuan lokasi.


PENDAHULUAN

Perkembangan teknologi informasi di era globalisasi tumbuh begitu cepat termasuk pada persaingan bisnis di dunia perbankan sehingga Bank harus menyediakan sebuah fasilitas yang disebut dengan ATM (Anjungan Tunai Mandiri) kepada nasabah.

Penentuan lokasi untuk pembangunan ATM (Anjungan Tunai Mandiri) memerlukan perencanaan pengembangan yang didasarkan pada analisa data dan informasi yang lengkap, baik mengenai kebutuhan akan adanya lokasi dan jarak, sampai pada tingkat keamanan lokasinya. Permasalahan yang di hadapi selama ini adalah kurang maksimalnya layanan ATM pada lokasi yang telah ditentukan, seperti jarak lokasi, keamanan dan kenyamanan sehingga pihak Bank mengalami kesulitan untuk meningkatkan kepuasan layanan nasabah pada lokasi yang telah ditentukan.

Penentuan lokasi untuk pembangunan ATM merupakan salah satu produk layanan jasa perbankan yang berupaya memberikan kemudahan sekaligus rasa aman kepada nasabah, salah satu faktornya adalah lokasi penempatan ATM yang tepat. Sistem Pendukung Keputusan (SPK) adalah sebuah sistem yang mampu memvisualisasikan tingkat kebuituhan penempatan ATM terhadap analisa data yang menghasilkan dukungan alternatif pada keputusan yang tepat, sedangkan metode yang diimplementasikan menggunakan Technique For Order Preference By Similarity To Ideal Solution (TOPSIS).

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Havery, James L. 2009. Information Systems: Theory and Practice, Second Edition,Yourdon Press. Prentice Hall

Jogiyanto, Hartono, 2005. Analisis & Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Andi Yogyakarta.

Kusrini. 2007. Strategi Perancangan dan Pengelolaan Basis Data. Yogyakarta. ANDI

Manama, Mc John. 2009. Introduction Systems Analysis and Design. Second Edition, Prentice Hall

Iqbal, 2011, Sistem Pendukung Keputusan Penempatan Bidan PTT (Pegawai Tidak Tetap) Pada Kabupaten Bireuen, Tesis, Program Magister Ilmu Komputer, Sekolah Pasca Sarjana Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Ladjamudin, Al-Bahra, B., 2005, Analisis dan Desain Sistem Informasi, Edisi Pertama, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta.

McLeod, R., Jr., Schell, G., P., Arthur I. Stonehill dan Michael H. Moffet, 2001, Management Information System, 8th Edition, Prentice Hall Inc. Upper Saddle River, New Jersey.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.