PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN METODE CERAMAH PADA MATERI MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK SOSIAL DAN EKONOMI BERMORAL

Marwan Hamid dan Iriyanti

Sari


ABSTRAK

Telah dilakukan penelitian tentang Perbandingan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dengan Metode Ceramah Pada Materi Manusia Sebagai Makhluk Sosial dan Ekonomi Bermoral (Suatu Penelitian di Kelas VII MTsN Matangglumpangdua). Penelitian ini bertujuan mengetahui perbandingan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan metode ceramah pada materi manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi bermoral. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN Matangglumpangdua yang berjumlah 9 kelas. Sampel dalam penelitian diambil dengan menggunakan teknik random sampling class (sampel acak) dengan cara uji homogenitas pada populasi, yaitu kelas VII1 dan kelas VII2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis berbentuk soal pilahan ganda. Hasil penelitian diperoleh hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS rata-rata sebesar 73,06. Sementara hasil belajar siswa melalui metode ceramah rata-rata sebesar 67,13. Data yang terkumpul diolah menggunakan uji-t pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil analisis uji statistik menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan metode ceramah di MTsN Matangglumpang dua pada materi manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral.

Kata kunci: Hasil belajar, kooperatif tipe Think Pair Share, ceramah.


PENDAHULUAN

Keberhasilan pembelajaran ekonomi pada jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) menjadi harapan semua pihak khususnya guru ekonomi. Dalam proses belajar mengajar melibatkan berbagai macam kegiatan yang harus dilakukan, terutama jika menginginkan hasil yang optimal. Salah satu cara yang dipakai untuk menghasilkan hasil yang optimal adalah memberikan tekanan dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat dilakukan dengan memilih salah satu model pembelajaran yang tepat. Karena pemilihan model pembelajaran yang tepat pada hakikatnya merupakan salah satu upaya dalam mengoptimalkan hasil belajar siswa.

Observasi awal yang dilakukan penulis terhadap pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam materi manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral di MTsN Matanggulumpangdua. Tiga tahun terakhir ini yaitu pada tahun 2010/2011, 2011/2012, dan 2012/2013 rata-rata hampir sebanyak 60% siswa hanya mendapatkan nilai di bawah 65, padahal batas tuntas yang telah ditetapkan oleh sekolah adalah 65, sehingga banyak siswa yang harus mengikuti kegiatan remedial untuk mencapai batas tuntas seperti yang telah ditetapkan oleh sekolah, namun demikian masih banyak juga siswa yang belum memenuhi batas tuntas tersebut terutama pada materi manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral. Selama ini menunjukan bahwa pembelajaran ekonomi di sekolah tersebut masih menggunakan model pembelajaran konvesional yakni suatu model pembelajaran yang banyak di dominasi oleh guru, sementara siswa duduk secara pasif menerima informasi pengetahuan dan ketrampilan dari guru.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Anni, C. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: Universitas Negeri Surabaya.

Arikunto, S. 2004. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Dahlan, M. 2011. Meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada materi koperasi Indonesia di kelas VIII SMP Negeri 1 Makmur tahun pelajaran 2010 / 2011. Skripsi. Bireuen: Almuslim.

Darsono, M. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Press.

Djamarah, Saiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gerungan. 2004. Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Huda, M. 2011. Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ibrahim, M dkk & Nur, M. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa Press.

Ikhtisari. 2011. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap peningkatan haisl belajar siswa pada konsep ketenagakerjaan di SMA Negeri 2 Bireuen tahun pelajaran 2010 / 2011. Jurnal. Bireuen: Almuslim.

Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Koenjaraningrat. 2012. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Jakarta: Djembatan.

Lie, A. 2004. Cooperatif Learning. Jakarta: Grasindo.

Muhaimin dkk. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Press.

Putra, A. 2012, Manusia Sebagai Makhluk Sosial, [online],(http://putraaldy.blogspot.com/2012/12/makalahmanusiasebagaimakhluksosial.html, Diakses pada tanggal 06 September 2013)

Ramayulis dan Nizar, Samsul. 2009. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta. Kalam Mulia.

Rasyid, H. & Mansur. 2007. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Wacana Prima.

Safitri, Rahmi. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Peningkatan Haisl Belajar Siswa Pada Konsep Ketenagakerjaan di SMA Negeri 3 Bireuen Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Bireuen: Almuslim.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana.

Siagian, Sondang P. 2011. Teori dan Praktek Kepemimpinan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana. N. 2005. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suyitno. 2006. Model Pembelajaran Kooperatif. Bandung: Ganexa Excact.

Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo persada.


Refbacks

  • »
  • »