PEMANFAATAN MEDIA FILM KARTUN ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI DAUR HIDUP HEWAN

Hambali .

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa dengan memanfaatkan media film kartun animasi pada materi daur hidup hewan kelas IV SD Negeri 8 Peusangan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 8 Peusangan sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan soal tes, lembar observasi, dan  analisis data hasil belajar, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media film kartun animasi pada materi daur hidup hewan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. pada siklus I hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 71,7 termasuk dalam kategori baik dengan persentase siswa mencapai nilai diatas KKM  >65 sebanyak 70%. Pada siklus II pencapaian hasil belajar siswa rata-rata 85,3 termasuk kategori baik sekali dengan persentase 90% dan telah memenuhi kriteria ketuntusan klasikal yang ditetapkan 85%. Hasil observasi siklus I pada aktivitas guru diperoleh persentase rata-rata 82,91% dengan kategori cukup. Pada aktivitas siswa diperoleh persentase rata-rata 80,16% dengan kategori baik. Sedangkan Hasil observasi siklus II pada aktivitas guru diperoleh persentase rata-rata 93,75% dengan kategori sangat baik dan pada aktivitas siswa diperoleh persentase rata-rata 92,91% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media film kartun animasi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi daur hidup hewan.

Kata Kunci: hasil belajar, media film kartun animasi


PENDAHULUAN

Pendidik yang menginginkan tingginya prestasi belajar siswa, berusaha menciptakan suasana belajar yang kondusif, dimana siswa merasa senang, nyaman, dan menikmati pembelajaran yang di sajikan oleh guru. Dengan adanya rasa senang dan nyaman, mereka pun akan meningkat kemauan dan semangat belajar. Penggunaan media dalam pembelajaran terutama dalam pembelajaran IPA sangat berperan penting dalam rangka memberikan rasa senang dan kenyamanan siswa dalam belajar. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu mata pelajaran di Sekolah Dasar yang memiliki hubungan erat dengan lingkungan sekitar dan kehidupan sehari-hari, seharusnya disajikan melalui suatu pembelajaran yang berkualitas agar dapat memberikan pengalaman langsung bagi siswa sehingga pembelajaran menjadi bermakna bagi siswa.

Keterlibatan siswa secara langsung dalam pembelajaran merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap keberhasilan siswa. Suatu konsep akan lebih mudah dipahami dan diingat oleh siswa jika konsep tersebut disajikan melalui prosedur-prosedur yang tepat, jelas dan menarik sehingga siswa mampu memahami konsep yang disampaikan. Oleh karena itu, dalam membelajarkan IPA kepada siswa, guru harus mampu memberikan kemudahan belajar kepada siswa secara adil dan merata, sehingga mereka dapat mengembangkan potensinya secara optimal.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran (Edisi Revisi). Jakarta: PT Raja Gravindo Persada.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Depdiknas. 2006. KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Jakarta: Pusat Kurikulum.

Deskoni. 2011. Pengembangan Media Kartun Animasi Pada Pembelajaran Ekonomi Pembangunan Di Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijyaya.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fajarwati, Dewi. 2010. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Dengan Media Film Kartun Animasi Pada Siswa Kelas II SD Negeri Gogodalem I Kabupaten Semarang. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Iskandar. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada.

Kustandi dan Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Moleong, lexy.J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Putri, Weni. 2010. Penggunaan Media Film Kartun Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Di Sekolah Dasar. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Riduwan. 2008. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Ristanti, Sri. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Pokok Organisasi Kehidupan siswa Kelas VII Mts N Karangawen. Semarang: Institut Agama Islam Negeri walisongo.

Ruswandi, Badruddin. 2008. Media Pembelajaran. Bandung: CV Insan Mandiri.

Sanjaya,Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana .

Sanjaya,Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Kencana.

Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Sudijono, Anas. 2007. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Umussa’dah, Nikah. 2013. Efektivitas Media Slide Show Animasi Dalam Pembelajaran Bahasa Jepang. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Yulina, Ulfa. 2013. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Daur Hidup Hewan Menggunakan Media Circle Carton Pada Siswa Kelas IV SDN Sempol 04 Kecamatan Pagak Kabupaten Malang. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, Jilid 1, Nomor 2, September 2013, hlm. 32-39.


Refbacks

  • »