PENERAPAN SISTEM PAKAR DALAM MENDIAGNOSA PENYAKIT PADA TANAMAN ADENIUM (KAMBOJA JEPANG)

Zara Yunizar

Sari


ABSTRAK

Tanaman Adenium (Kamboja Jepang) merupakan salah satu jenis tanaman hias yang saat ini sangat digemari oleh para kolektor tanaman hias. Hal ini ditunjukkan dengan semakin tingginya jumlah permintaan akan tanaman hias ini setiap tahunnya.  Adenium berasal dari Asia Barat dan Afrika) yang merupakan daerah gurun pasir yang kering, karena berasal dari daerah kering, tanaman ini tumbuh lebih baik pada kondisi media yang kering dibanding terlalu basah. Mudahnya dalam merawat adenium membuat tanaman yang lebih dikenal dengan nama kamboja jepang ini menjadi salah satu tanaman hias yang banyak diminati saat ini, karena beasal dari daerah kering, maka tanaman ini tidak membutuhkan perawatan yang kompleks, misalnya penyiraman rutin dan juga pemupukan. Indoenesia yang memiliki iklim tropis sama seperti negara asal dari tanaman ini menjadi rumah kedua yang cocok untuk tanaman ini, namun tingginya curah hujan diindonesia untuk bulan-bulan basah (agustus s/d januari) membuat tanaman ini juga harus mendapatkan perhatian lebih dalam merawatnya. Hal ini membuat adenium dapat diserang beberapa jenis penyakit dan juga hama yang dapat merusak keindahan tanaman adenium. Masih kurangnya ahli dibidang tanaman ini membuat banyak pecinta tanaman ini yang masih sulit dalam memecahkan masalah tentang penyakit dan hama yang menyerang tanaman adeniumnya, sehingga salah satu solusinya adalah sebuah sistem pakar yang dapat mendeteksi penyakit pada tanaman adenium serta solusinya. Dalam pembuatan system pakar ini digunakan metode certainty factor, yaitu salahsatu metode dalam pembuatan sistem pakar. Pada tahap pengujian akan digunakan 31gejala untuk mendeteksi 5 hama, 3 penyakit dan juga 1 virus yang memiliki gejala yang mirip satu sama lainnya. Berdasarkan hasil pengujian didapatkan bahwa metode Certanty factor dapat digunakan untuk mendiagnosa penyakit pada tanaman adenium.

Kata Kunci: Sistem Pakar, Adenium, Certainty Factor


PENDAHULUAN

Tanaman Adenium atau lebih dikenal dengan nama Kamboja Jepang merupakan salah satu tanaman hias yang berasal dari Asia Barat dan Afrikayang beriklim gurun pasir yang kering, disana tanaman ini sering disebut dengan Mawar Padang Pasir (desert rose). Saat ini, tanaman adenium menjadi salah satu tanaman hias yang digemari oleh pecinta tanaman diindonesia, hal ini disebabkan karena mudahnya perawatan yang dapat diberikan dikarenakan adanya kesesuaian iklim antara indonesia dengan negara asal tanaman ini yang juga beriklim tropis.

Namun, dibalik semua kemudahan itu, tanaman ini juga membutuhkan perawatan ekstra agar dapat meghasilkan bunga yang indah, terutama karena iklim diindonesia juga memiliki bulan-bulan basah yang menghasilkan curah yang tinggi, terutama dibulan agustus sampai dengan januari. Udara yang lelbab serta tingginya curah hujan turut mempengaruhi kondisi tanaman adenium yang terbiasa beriklim panas, sehingga menjadi mudah diserang beberapa penyakit dan juga virus. Selain masalah diatas, masalah lain yang juga dapat timbull adalah adanya hama yang dapat menyerang tanaman ini, perubahan lingkungan membuat beberapa hama dapat menjadi predator bagi tanaman ini sehingga dapat merusak tanaman bahkan dapat membuat tanaman menjadi mati.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Arhami, Muhammad. 2003. Konsep Dasar Sistem Pakar. Andi – Yogyakarta

Kusrini. 2008. Aplikasi Sistem Pakar. Yogyakarta: Andi Offset.

Kusumadewi Sri, 2003.Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya). Graha Ilmu.

Purnomo, B.Dasar-dasar urologi Edisi Kedua,Jakarta: CV Sagung Seto. 2003.

Sulistyohati, Aprilia,Taufiq Hidayat. 2008. Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ginjal Dengan Metode Dempster-Shafer. Jutnal Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2008 (SNATI 2008) ISSN: 1907-5022Yogyakarta, 21 Juni 2008.

Turban, Efraim. Decision support and expert systems Management support systems (fourthedition). Prentice-Hall International, Inc. 1995.


Refbacks

  • »
  • »
  • »